Home / Daerah

Kamis, 21 Oktober 2021 - 17:25 WIB

Bersama Disdukcapil Provinsi Sulsel, Pemkab Maros Gelar Sosialisasi Kepemilikan Akta Kelahiran

RAKYATSATU.COM, MAROS – Pemerintah Daerah Kabupaten Maros bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Selatan menggelarkan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya kepemilikan akta kelahiran menuju Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (KISAK).

Kegiatan ini di laksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sukarniaty Kondolele, serta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina beserta jajarannya, Kamis (21/10/2021).

Menurut Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina yang turut dijelaskan oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam yang mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan dan lebih memperjelas status kewarganegaraannya secara sah.

“Kegiatan sosialisasi akta kelahiran ini kami pilih karna akta kelahiran merupakan dokumen pertama yang harus di miliki saat lahir. Semua pengurusan dokumen Disdukcapil juga gratis, sisa butuh kesadaran masyarakat saja dalam pengurusan,” tutur Ketua TP PKK Provinsi SulSel,Naoemi Octarina.

Sedangkan menurut Bupati Kabupaten Maros AS Chaidir Syam pada kegiatan tersebut menjelaskan.

“Diharap masyarakat bisa lebih sadar pentingnya mengurus dokumen kewarganegaraan, jangan hanya mengurus pada saat dibutuhkan saja, jangan hanya saat saat akan menggunakan layanan publik saja,” ungkap Chaidir.

Pihaknya berharap, melalui sosialisasi ini masyarakat dapat lebih paham tentang pentingnya kepengurusan dokumen identitas warga negara. Menurutnya sangat penting untuk melakukan tertib administrasi.

“Kami memilih sosialisasi akta kelahiran karena dokumen inilah yang paling pertama harus dimiliki saat lahir. Semua pengurusan dokumen Disdukcapil juga gratis, sisa butuh kesadaran masyarakat saja dalam pengurusan,” lanjut Chaidir.

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Maros, Chaidir mengungkap telah membuka Cabang Dukcapil di Cenrana. Cabang ini di khususkan bagi masyarakat Camba, Cenrana dan Mallawa.

“Masyarakat Camba, Cenrana, dan Mallawa tidak lagi perlu ke Kota untuk pengurusan berkas di Disdukcapil, cukup ke Cabang Cenrana saja,” jelas Chaidir.

Pihaknya juga sementara mempersiapkan pembukaan cabang Dukcapil di wilayah Tanralili. Cabang ini diperuntukkan bagi masyarakat Moncongloe, Tanralili, dan Tompobulu.

Diakhir Pembukaan dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan program sosialisasi pengurusan akta kelahiran oleh Senior Kinerja Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Sulselbar kepada Plt Ketua TP PKK Provinsi Sulsel.

Share :

Baca Juga

Daerah

Program Pemkab Sinjai di Bidang Pendidikan Tuai Apresiasi

Daerah

Polres Wajo Edukasi Warga dan bagi Masker

Daerah

Satpol PP Bone Turunkan Baliho Dalam Kota

Asahan

Operasi Pekat 2022, Belasan Bukan Pasutri Diamankan Petugas Gabungan

Advertorial

Pemkab Sinjai Sediakan Rumah Dinas untuk Nakes di Pulau Sembilan

Daerah

Danlanud Sultan Hasanuddin Pimpin Upacara Pendidikan Transisi Penerbang dan Kualifikasi Khusus

Daerah

Amran Ajak Masyrakat Wajo Sukseskan Program Vaksin

Daerah

Tingkatkan Kemampuan Tenaga Konstruksi, Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan