Home / Daerah / Sinjai / Teknologi

Rabu, 21 September 2022 - 14:28 WIB

Para Pendata Program Satu Digit Plus Diberi Pembekalan

Kepala DPMPTSP Sinjai Lukman Dahlan, saat memimpin dan membuka workhsop pembekalan rancangan inovasi Satu Digit Plus, dengan menghadirkan narasumber Muh Rusyaid dari Diskominfo dan Persandian Sinjai, di Aula Pertemuan Lantai II Kantor Gabungan OPD jalan Persatuan Raya Sinjai, Rabu (21/9/2022)/ Foto : Dok. DPMPTSP

Kepala DPMPTSP Sinjai Lukman Dahlan, saat memimpin dan membuka workhsop pembekalan rancangan inovasi Satu Digit Plus, dengan menghadirkan narasumber Muh Rusyaid dari Diskominfo dan Persandian Sinjai, di Aula Pertemuan Lantai II Kantor Gabungan OPD jalan Persatuan Raya Sinjai, Rabu (21/9/2022)/ Foto : Dok. DPMPTSP

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Petugas Pendata pada program rancangan inovasi ‘Satu Digit Plus’ (Sinkronisasi dan Keterpaduan Mewujdukan Satu Data Terintegrasi Berbasis IT Pelaku Usaha), diberikan pembekalan melalui workshop.

Workshop yang dibuka langsung oleh Kepala DPMPTSP Sinjai Lukman Dahlan, ini menghadirkan narasumber Muh Rusyaid dari Diskominfo dan Persandian Sinjai, di Aula Pertemuan Lantai II Kantor Gabungan OPD jalan Persatuan Raya Sinjai, Rabu (21/9/2022).

“Workshop ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada petugas pendata yang akan turun secara door to door untuk mendata para pelaku usaha,” kata Lukman Dahlan.

Pada workhsop itu, lanjut dia, para pendata diajarkan cara memanfaatkan aplikasi ‘Si Digit Plus’ yang merupakan aplikasi digtal satu data bagi pelaku usaha yang ada di Sinjai.

“Hari ini kita berikan pembekalan teknis dan tata cara mengakses informasi dan data yang baik kepada masyarakat sehingga ketika sudah melakukan pendataan dilapangan tidak ada kendala yang dihadapi,” jelasnya.

Dalam pendataan yang akan dimulai Kamis (22/9/2022) besok, sebanyak 50 orang petugas pendata yang direkrut dari beberapa insitansi seperti dari Dinas PMPTSP, Disperindag, Dinas Koperasi, UKM dan Temaga Kerja serta dari aparat kelurahan yang ada di Kecamatan Sinjai Utara.

“Sebagai awal, kita akan mendata para pelaku usaha yang ada di Kecamatan Sinjai Utara. Setelah itu, akan dilakukan secara menyeluruh untuk semua kecamatan sehingga kedepan akan dimiliki satu data pelaku usaha yang terintegrasi dan bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Lebih jauh dia jelaskan, selama 20 hari kerja para pendata ini akan melakukan pendataan langsung kepada sekitar 2.500 pelaku usaha di Sinjai Utara. Mereka akan menghimpun informasi terkait jenis usahanya.

BACA JUGA :  Aksi DP KORPRI Bone Bantu Korban Kebakaran

Lukman berharap para pendata bisa melaksanakan tugas dengan baik serta diharapkan kepada masyarakat atau pelaku usaha untuk memberikan informasi secara terbuka dan benar.

“Bukan hanya berguna bagi Pemerintah, akan tetapi pendataan ini akan berdampak baik kepada pelaku usaha sebab akan menjadi media promosi terhadap usaha yang dijalankan serta juga menjadi sumber informasi bagi masyarakat,” tambahnya. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Soppeng

Kenal Pamit Kapolres Soppeng, Ini Yang Disampaikan Bupati

Sinjai

Pemkab Sinjai Jamin Ketersediaan Daging Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Daerah

Peserta Lomba Pidato HANI 2021 Diangkat Jadi Kader Anti Narkoba

Daerah

Menuju Universitas Islam, IAIM Sinjai Monev dan Visitasi Bersama Kopertais Wilayah VIII

Sinjai

Program Daeng Baco Sinjai Warnai South Sulawesi Digital Festival 2022

Bone

BAZNAS Bone Bantu Pengobatan Bayi Dehidrasi Berat Usia 25 Hari

Bone

Brimob Bone Gelar Vaksinasi Massal Anak Dan Lansia Serta Vaksin Booster

Daerah

Karang Taruna dan Kadin Sidrap Adakan Vaksinasi Massal