Home / Daerah

Selasa, 21 September 2021 - 23:46 WIB

Baznas Bone Bantu Lansia di Rumah Sakit dan Antar ke Balai Lansia Gowa

RAKYATSATU.COM, BONE – Begitu mendapatkan informasi dari Case Manager Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Bone, Jl DR Wahidin Sudirohusodo, Selasa (21/9/2021), adanya pasien terlantar yang sementara dirawat di UGD, maka Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone langsung melakukan tindak lanjut.

Pasien terlantar tersebut merupakan seorang lelaki yang sudah lanjut (lansia) dan ke rumah sakit dengan diantar oleh staf Dinas Sosial Bone, Senin malam (20/09/2021).

Pasien yang sudah lansia dan terlantar tersebut tanpa rumah dan bahkan keluarga yang bisa mengurusnya lagi bernama Ledeng.

Berdasarkan informasi awal tersebut, WK1 Baznas Kabupaten Bone Hj Farida Hanafing, ST berkoordinasi dengan Kepala Balai Lanjut Usia Gau Mabaji Gowa Wahidin A. Mappaseng, A.Ks, M.Si untuk mengetahui apakah lansia terlantar tersebut bisa diterima.

Baznas Bone Bantu Lansia di Rumah Sakit

Balai lansia Gau Mabaji Gowa yang mendapat informasi dari Wakil Ketua 1 Baznas Kabupaten Bone juga merespon positif hal tersebut.

Bahkan WK 1 Baznas Kabupaten Bone bersama staf yang langsung ke rumah sakit untuk melihat kondisi Ledeng sekaligus melakukan video call ke Wahidin untuk memperlihatkan kondisi Ledeng.

“Kondisinya pada saat itu, sudah bau pesing sebab BAK di tempat tidur. Walaupun Ledeng sudah bisa bangun sebenarnya,” ujar Hj Farida Hanafing ST.

“Sebelum dikeluarkan, petugas rumah sakit membersihkan tubuh bapak Ledeng setelah kebutuhan mandi shampo, sabun, pasta gigi, sikat gigi, handuk, bedak powder, beberapa pakaian serta popok disiapkan,” tambahnya.

“Alhamdulillah bapak Ledeng telah bersih dengan pakaian bersih pula.
Malam ini nginap di kamar masjid Agung bersama staf Baznas Andi Jamilatul Wusta,” tutur Hj Farida Hanafing.

Namun sebelum dititip Balai Lansia Gau Mabaji Gowa, terlebih dahulu dilakukan pengurusan identitas dengan bekerjasama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Bone, A. Saharuddin. S.STP, M.Si, sebab Ledeng tanpa identitas sama sekali.

Begitu juga Ketua Baznas Kabupaten Bone Drs. H. Zainal Abidin melakukan koordinasi bersama Kadis Sosial A. Arsyad Lantara, SH, M.Si tentang kondisi Ledeng dan memberi info bahwa Ledeng akan diantar langsung ke Gowa sekaligus melihat situasi panti Lansia yang telah disiapkan oleh Kemensos.

“Untuk itu, tak henti – hentinya kami mengetuk pintu hati siapa saja untuk tunaikan zakat, infaq dan sedekah melalui Baznas Kabupaten Bone untuk membantu sesama,” ujarnya.

“Doa yang tulus untuk para dermawan senantiasa kami panjatkan semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah dikeluarkan, memberikan berkah atas apa yang masih tersisa dan menjadikannya sebagai pembersih,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Personel Yon C Pelopor Bersama Babinsa, Ketua TP PKK Apala dan Anggota PGRI Lakukan Ini di Apala

Daerah

Permaslahan Lingkungan, Wabup Sinjai Intruksikan Lakukan Pengerukan Sungai

Maros

Kapolda Sulsel Pantau Pelaksanaan Vaksin Untuk Anak di Maros

Daerah

Terpilih Jadi Ketua MKKS SMP Maros, Syamsuddin Janji Jadi Motor Penggerak Kemajuan Pendidikan

Daerah

Pemkab Sinjai Keciprat Rp 64 Miliar Untuk Pembangunan

Daerah

KONI SInjai Bentuk Tim Kerja Menghadapi Porprov 2022

Daerah

15 Warga Barebbo Nikmati Bantuan Pemkab Bone Berupa CBP

Daerah

Walikota Tanjungbalai Tinjau Lokasi Pelaksanaan MTQ ke-53