Iklan

Iklan

Unggul di Bulan Juni, Andi Mapparemma Terjun Bebas Usai Penetapan Calon

01 Oktober 2024, 9:41 AM WIB Last Updated 2024-10-02T07:30:43Z

Calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng 2024.

RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Dalam perkembangan terbaru menuju Pemilihan Bupati 2024, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan lonjakan dukungan signifikan bagi pasangan Suwardi Haseng dan Selle Ks Dalle. 

Meski dinilai 47,6 % tidak sepadan dengan jumlah gabungan partai politik yang besar serta sejumlah tokoh besar ada di Calon Bupati dan Wakil Bupati SUKSES, namun angka itu dinilai sangat signifikan untuk calon yang hanya bekerja selama 3 Bulan.

Pengamat Politik Abdul Muis mengatakan, nilai 1% itu sangat berarti untuk kandidat calon, terlebih jumlah 47,6% di kerja selama 3 bulan dari awal surveinya hanya 34,8%, ini sangat signifikan. 

" Hasil ini terbilang mengejutkan, mengingat pada awal survei, Andi Mapparemma, memimpin dengan dukungan sebesar 38,6%, sedangkan Suwardi hanya berada di posisi kedua dengan 34,8%, "ujarnya, Senin (30/9/2024)

"Namun, dalam kurun waktu singkat atau hanya 3 bulan, elektabilitas Suwardi-Selle terus meningkat, menggeser posisi unggul Mapparemma, ini sangat mengejutkan, "sambung Abdul Muis, 

Untuk diketahui, Berdasarkan survei LSI yang dilakukan pada September 2024, Suwardi Haseng kini memimpin dengan dukungan sebesar 47,6%, sementara rival utamanya, Andi Mapparemma, yang berpasangan dengan Andi Adawiyyah, mengalami penurunan dukungan menjadi 31,1%.

Ini merupakan perubahan yang mencolok dibandingkan dengan survei LSI yang dilakukan pada Juni 2024. Saat itu, Andi Mapparemma masih unggul dengan perolehan 38,6%, meninggalkan Suwardi Haseng yang hanya mengantongi 34,8%. 

Survei dilakukan dengan metode tatap muka terhadap 800 responden yang tersebar di wilayah Kabupaten Soppeng. Adapun perubahan yang terjadi dalam tiga bulan terakhir tampaknya sangat dipengaruhi oleh keputusan pasangan calon, di mana Suwardi Haseng memilih Selle Ks Dalle sebagai calon wakilnya, sementara Andi Mapparemma menggandeng Andi Adawiyyah.

Peningkatan elektabilitas Suwardi Haseng setelah menggandeng Selle Ks Dalle bukanlah hal yang mengejutkan. Selle Ks Dalle dikenal sebagai figur populer dengan basis massa yang kuat yang tersebar di delapan kecamatan, hal itu juga dinilai telah mendongkrak popularitas Suwardi Haseng. 

Di sisi lain, meskipun Andi Mapparemma sebelumnya unggul dalam survei, langkah menggandeng Andi Adawiyyah tampaknya belum cukup mampu mempertahankan atau meningkatkan elektabilitasnya.

Survei ini menunjukkan tren positif bagi pasangan Suwardi Haseng - Selle Ks Dalle dan menjadi indikasi kuat bahwa mereka berpeluang besar memenangkan Pilkada Soppeng 2024. (Ikhlas/Yuda).
Komentar

Tampilkan

  • Unggul di Bulan Juni, Andi Mapparemma Terjun Bebas Usai Penetapan Calon
  • 0

Terkini

Iklan