Iklan

Iklan

Kolaborasi Efektif Kades, Babinsa, dan Babhinkamtibmas di Mare Menjadi Contoh Sinergi Masyarakat

22 Oktober 2024, 8:52 PM WIB Last Updated 2024-10-22T12:52:59Z

Ket. Gambar
Kades Karela bersama Babinsa, Babhinkamtibmas Desa Karella, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta unsur pemuda setempat menyelesaikan sengketa warga


RAKYATSATU.COM, MAROS – Kolaborasi yang solid antara Kepala Desa (Kades), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babhinkamtibmas), serta berbagai elemen masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, patut diapresiasi dan dijadikan teladan.

Kebersamaan ini tercermin dalam berbagai kegiatan desa, seperti kerja bakti, penyelesaian konflik warga, serta upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di desa. Sinergi tersebut memperkuat kondusivitas wilayah dan menjaga keutuhan NKRI.

Kepala Desa Karella, M. Darwis, menegaskan bahwa kehadiran Babinsa dan Babhinkamtibmas sangat membantu berbagai aspek kehidupan desa, termasuk keamanan dan ketertiban. "Saya sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa dan Babhinkamtibmas di desa. Terima kasih kepada Danramil dan Kapolsek Mare atas perhatiannya," ujar M. Darwis, Selasa (22/10/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa jika terjadi perselisihan di antara warga, Babinsa dan Babhinkamtibmas, bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, adat, dan pemuda, turun tangan untuk menyelesaikannya dengan cepat dan damai.

Danramil 1407-15 Mare, Kapten Inf Muh. Arsyad, menjelaskan tugas Babinsa tidak hanya membina wilayah dan keamanan desa, tetapi juga membantu mempercepat pembangunan, memberikan penyuluhan bela negara, dan melatih ketahanan masyarakat.

Senada dengan itu, Kapolsek Mare, AKP. Agustang, menambahkan bahwa Babhinkamtibmas bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mendeteksi potensi konflik, serta melakukan mediasi konflik antarwarga. "Babhinkamtibmas juga bertanggung jawab melakukan sosialisasi hukum dan mendengarkan keluhan masyarakat," jelasnya.

Kolaborasi ini menjadi contoh nyata bagaimana sinergi antara aparatur desa dan aparat keamanan dapat menjaga stabilitas dan memajukan desa. (Ikhlas/Raksul)
Komentar

Tampilkan

  • Kolaborasi Efektif Kades, Babinsa, dan Babhinkamtibmas di Mare Menjadi Contoh Sinergi Masyarakat
  • 0

Terkini

Iklan