Iklan

Iklan

Dispusip Sinjai Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pustakawan Menuju Akreditasi Perpustakaan

02 Oktober 2024, 1:56 PM WIB Last Updated 2024-10-02T05:56:13Z

Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa,


RAKYATSATU.COM, SINJAI - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan perpustakaan menuju akreditasi nasional.

Acara pembukaan Bimtek dilakukan oleh Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, pada Rabu (02/09/2024) di Aula Hotel Grand Rofina, Sinjai. 

Dalam sambutannya, ia menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini sebagai langkah strategis dalam meningkatkan keterampilan pengelola perpustakaan dan pustakawan di Kabupaten Sinjai. 

Kepala Dispusip Sinjai, Abdul Aziz Amin, dalam laporannya menekankan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah untuk membekali peserta dengan keterampilan dalam mengelola perpustakaan sesuai dengan standar nasional. 


"Peserta Bimtek ini terdiri dari 200 orang, termasuk kepala sekolah, kepala desa, lurah, kepala perpustakaan, dan tenaga pengelola perpustakaan," jelasnya.

Dengan mengusung tema "Menuju Akreditasi Perpustakaan," acara ini bertujuan untuk mendorong perpustakaan di Sinjai agar memenuhi standar yang ditetapkan dan mendapatkan pengakuan formal melalui proses akreditasi.

Pj Bupati Sinjai berharap, melalui akreditasi, perpustakaan di Sinjai akan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta berkontribusi pada peningkatan pendidikan, literasi, dan kesejahteraan masyarakat. 

"Akreditasi ini diharapkan memotivasi lembaga perpustakaan untuk dikelola dengan baik dan sesuai standar, sehingga perpustakaan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," ungkapnya.

Dalam acara ini, Pj Bupati Sinjai juga menyerahkan sertifikat akreditasi kepada beberapa sekolah dasar dan menengah pertama di Kabupaten Sinjai. Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama dua hari, hingga 3 Oktober 2024, menghadirkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir dalam acara pembukaan, Staf Ahli Bupati, Andi Mandasini, Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Aryani Djalil, Kepala Rutan Sinjai, Darman Syah, Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Syuaib, serta sejumlah kepala desa dan lurah. (Ikhlas/Sudirman).
Komentar

Tampilkan

  • Dispusip Sinjai Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pustakawan Menuju Akreditasi Perpustakaan
  • 0

Terkini

Iklan