Iklan

Iklan

Siapa di Balik Tulisan Menghasut di Soppeng? Tim SUKSES Minta Aparat Penegak Hukum Respons Cepat untuk Cegah Konflik

03 September 2024, 7:02 AM WIB Last Updated 2024-09-02T23:02:45Z

foto: Internet

RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Dalam beberapa hari terakhir, sebuah tulisan yang mengandung informasi hoaks beredar di Soppeng, menuduh kepemimpinan kalangan bangsawan yang dianggap menyengsarakan masyarakat.

Tim Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, H. Suwardi Haseng, SE - Ir. Selle KS Dalle (SUKSES), segera merespons sebaran tersebut karena merasa difitnah. "Kami tidak memiliki tim yang bersikap kasar. Tidak ada kebijakan dalam tim kami yang sejalan dengan isi tulisan itu. Kami meminta aparat penegak hukum untuk segera bertindak sebelum situasi memanas," ujar anggota Tim Hukum SUKSES, Zulfikar, SH, pada Senin, 2 September 2024.

Sebelumnya, tulisan tersebut beredar di berbagai platform media sosial di Soppeng, termasuk dalam Grup WhatsApp serta Facebook dan Instagram. Tulisan itu berupaya memecah belah dukungan terhadap kandidat, dengan mengatasnamakan Tim SUKSES dan menuduh kalangan bangsawan yang memimpin Soppeng sebagai pemimpin yang gagal.

Tim Hukum SUKSES menegaskan bahwa tulisan tersebut terindikasi sebagai informasi hoaks karena menghasut dan dapat menimbulkan kebencian atau permusuhan. "Pelakunya dapat dijerat dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, khususnya Pasal 28 ayat (2), yang melarang distribusi informasi elektronik yang menghasut," jelasnya.

Sanksi pidana terhadap pelanggaran ini diatur dalam Pasal 45A ayat (2) UU 1/2024, dengan ancaman penjara paling lama enam tahun dan/atau denda hingga Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). (Ikhlas/Yuda)

Komentar

Tampilkan

  • Siapa di Balik Tulisan Menghasut di Soppeng? Tim SUKSES Minta Aparat Penegak Hukum Respons Cepat untuk Cegah Konflik
  • 0

Terkini

Iklan