Iklan

Iklan

Pj Bupati Sinjai Terima Kunjungan BPKHTL Makassar Bahas Program PPTPKH-TORA

27 September 2024, 3:33 PM WIB Last Updated 2024-09-27T07:33:27Z

Pj Bupati Sinjai saat menerima rombongan Kunjungan BPKHTL Makassar


RAKYATSATU.COM, SINJAI – Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, menerima kunjungan audiensi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan (BPKHTL) Wilayah VII Makassar. 

Audiensi yang juga dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) serta UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tangka ini berlangsung di ruang pertemuan Sekda Sinjai pada Jumat, 27 September 2024.

Ribka L. L. Linggi, Kepala Seksi Sumber Daya Hutan dan Tata Lingkungan BPKHTL Wilayah VII Makassar, menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk membahas penyelesaian penguasaan tanah terkait Penataan Kawasan Hutan untuk Sumber Tanah Obyek Reforma Agraria (PPTPKH-TORA) di Kabupaten Sinjai.

“Program ini merupakan bagian dari Program Prioritas Nasional (PPN) yang bertujuan menyelesaikan penguasaan tanah dalam rangka penataan kawasan hutan sebagai obyek reforma agraria,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa program PPTPKH-TORA di Kabupaten Sinjai telah melewati beberapa tahapan, termasuk solusi bagi masyarakat yang telah lama mengelola lahan di kawasan hutan atau yang masuk dalam peta indikatif.

Pertemuan ini menjadi tahapan penting sebelum finalisasi rekomendasi disampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ribka menjelaskan, tahap pertama dilaksanakan pada Mei 2024 dengan sosialisasi, diikuti pengajuan usulan oleh pemerintah desa, serta verifikasi data pada Juli-Agustus. Saat ini, pihaknya sedang melakukan koordinasi untuk meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, menyambut baik program ini dan menilai bahwa langkah ini akan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat yang telah lama mengelola lahan di kawasan hutan.

“Kami mendukung sepenuhnya program ini karena berorientasi pada kepentingan masyarakat, khususnya terkait kepastian pengelolaan tanah dalam kawasan hutan,” tegasnya. (Ikhlas/Sudirman)
Komentar

Tampilkan

  • Pj Bupati Sinjai Terima Kunjungan BPKHTL Makassar Bahas Program PPTPKH-TORA
  • 0

Terkini

Iklan