Iklan

Iklan

Peningkatan Peran, TP PKK Sinjai Bimtek Kader Posyandu

09 September 2024, 12:29 PM WIB Last Updated 2024-09-09T14:31:14Z

Peningkatan Peran, TP PKK Sinjai Bimtek Kader Posyandu/ Foto : Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Tim Penggerak PKK kabupaten Sinjai bekerjasama TP-PKK kecamatan Sinjai Timur menggelar bimbingan teknis kader posyandu, di Aula Kantor Camat Sinjai Timur, Senin (9/9/2024). 


Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan peran kader posyandu mengingat mereka adalah ujung tombak dalam pelayanan dasar kesehatan masyarakat terutama ditingkat desa dan kelurahan.


Bukan hanya itu, bimtek ini juga dilaksanakan seiring adanya program Intergrasi Layanan Primer (ILP) bidang kesehatan, yang merupakan program pemerintah pusat.


Program ILP tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menggabungkan berbagai layanan kesehatan dalam satu atap, sehingga lebih muda diakses oleh masyarakat.


“Pada saat ini kader tidak hanya berperan sebagai fasilitator tapi juga motivator, perencana, pelaksana dan pengawas dalam berbagai kegiatan posyandu,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sinjai Timur Dian Adriani saat membacakan sambutan Pj. Ketua TP-PKK Sinjai.


Dian juga menambahkan kader PKK berperan dalam mendeteksi dini masalah kesehatan, sekaligus memberikan edukasi tentang perilaku hidup sehat dan melakukan kunjungan rumah untuk memastikan seluruh anggota masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang optimal dan terintegrasi pada ILP.


“Diharapkan kader dapat lebih efektif dalam menjalankan tugasnya dan memberikan kontribusi yang siginifikan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tambahnya.


Hal senada tersebut juga disampaikan Sekretaris Camat Sinjai Timur Andi Aspar saat membuka bimtek ini.


“Saya berharap bimtek ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya agar kedepan membawa manfaat khususnya bagi masyarakat Sinjai Timur,” harapnya.


Hadir sebagai pemateri dalam bimtek ini Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani dan Ketua Pokja IV TP-PKK Sinjai Ratnawati. Sementara pesertanya Anggota PKK kecamatan dan desa dan juga kader posyandu. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Peningkatan Peran, TP PKK Sinjai Bimtek Kader Posyandu
  • 0

Terkini

Iklan