Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Siapkan Festival Tongke-Tongke sebagai Rangkaian Pesta Adat Marimpa Salo 2024

26 September 2024, 1:11 PM WIB Last Updated 2024-09-26T05:11:49Z

Disparbud mengadakan pertemuan mempersiapkan perhelatan Pesta Adat Marimpa Salo

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengadakan pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkan perhelatan Pesta Adat Marimpa Salo, yang tahun ini dipusatkan di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur.

Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala Disparbud Sinjai, Tamzil Binawan, ini dihadiri oleh Camat Sinjai Timur Andi Saoraja Arie Lesmana, unsur Forkopimcam, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta para kepala desa/lurah dan instansi lingkup Kecamatan Sinjai Timur. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Camat Sinjai Timur pada Kamis, 26 September 2024.

Selain persiapan untuk Pesta Adat Marimpa Salo, pertemuan ini juga membahas rencana digelarnya Festival Tongke-Tongke yang akan menjadi bagian dari rangkaian acara tersebut. Festival ini akan menyajikan berbagai lomba menarik, termasuk lomba penataan kuliner laut, lomba jolloro (perahu tradisional), barasanji, gandrang tradisional, layang-layang, serta lomba kano.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan menghadirkan atraksi penanaman bakau, lomba fotografi, lomba desain suvenir, penyuluhan sadar wisata, dan banyak kegiatan lainnya. 

Kepala Disparbud Sinjai, Tamzil Binawan, menyampaikan bahwa lomba-lomba tersebut digelar sesuai dengan arahan Pj. Bupati Sinjai, yang menginginkan agar Pesta Adat Marimpa Salo tahun ini lebih meriah dan menarik perhatian wisatawan, serta mampu meningkatkan nilai ekonomi bagi UMKM lokal.

"Festival Tongke-Tongke diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan dan memperluas gaung Pesta Adat Marimpa Salo, sehingga tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal," ujar Tamzil.

Rencananya, beberapa lokasi akan menjadi pusat kegiatan lomba, termasuk di Pantai Mallenreng dan Objek Wisata Tongke-Tongke. Festival ini diperkirakan akan berlangsung selama empat hingga lima hari, mulai dari 10 hingga 15 Oktober 2024. (Ikhlas/Sudirman).
Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Siapkan Festival Tongke-Tongke sebagai Rangkaian Pesta Adat Marimpa Salo 2024
  • 0

Terkini

Iklan