Iklan

Iklan

Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, Mewujudkan Masa Depan Bangsa yang Aman

13 September 2024, 12:50 PM WIB Last Updated 2024-09-13T04:50:30Z

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak gelar Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

RAKYATSATU.COM, MAROS - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Maros mengadakan kegiatan Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). 

Kadis P3ADALDUKKAB, Andi Zulkifli, menegaskan bahwa anak adalah amanah dari Tuhan yang harus dijaga karena mereka adalah masa depan bangsa dan penentu Kualitas Sumber Daya Manusia.

"Perlindungan anak bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi memerlukan keterlibatan banyak pihak, termasuk masyarakat, media, dunia usaha, dan kelompok anak," ujar Zulkifli.

Berbagai program seperti Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak, Sekolah Ramah Anak, dan pembentukan Forum Anak telah diluncurkan, meskipun implementasinya masih minim melibatkan keluarga dan masyarakat.

Zulkifli juga menyoroti pentingnya strategi Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat mengenali dan menangani persoalan kekerasan terhadap anak. Sejak 2019, 14 Kecamatan dan 103 Kelurahan/Desa di Kabupaten Maros telah memiliki kader yang dilatih dalam PATBM. 

Meskipun tidak semua Kelurahan/Desa aktif, harapannya adalah dapat melaksanakan tugas perlindungan anak dari tindak kekerasan secara berkelanjutan.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kapasitas aktivis di berbagai Desa/Kelurahan dapat meningkat untuk mewujudkan lingkungan yang aman bagi anak-anak. (Ikhlas/Arul)
Komentar

Tampilkan

  • Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, Mewujudkan Masa Depan Bangsa yang Aman
  • 0

Terkini

Iklan