Iklan

Iklan

Bawaslu Sinjai Gelar Rapat Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas Adhoc untuk Pemilu 2024

28 September 2024, 7:07 PM WIB Last Updated 2024-09-28T11:07:22Z

Bawaslu Sinjai mengadakan rapat peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pengawas adhoc


RAKYATSATU.COM, SINJAI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sinjai mengadakan rapat peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pengawas adhoc kecamatan pada Sabtu (28/09/2024) di Aula Wisma Sajanya. 

Rapat ini dihadiri oleh ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan, koordinator sekretariat Panwaslu Kecamatan, staf, serta pengawas kelurahan dan desa se-Kabupaten Sinjai.

Rapat tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi upaya Bawaslu dalam menyelenggarakan kegiatan ini, yang dinilai sangat penting untuk memperkuat kinerja kelembagaan pengawasan, terutama dalam menghadapi tahapan Pemilu serentak 2024.

"Ini adalah wadah penting untuk memaksimalkan kinerja pengawasan, terutama karena kemungkinan adanya irisan dalam proses tahapan Pilkada nanti. Diperlukan kerja maksimal dari pengawas adhoc di semua tingkatan," kata Andi Jefrianto.

Ia juga menekankan pentingnya peran Bawaslu yang kuat dan berkualitas dalam menjaga integritas serta transparansi Pilkada di tingkat nasional maupun daerah. 

Andi Jefrianto berharap, pertemuan ini mampu menciptakan komitmen dan persepsi yang kuat di kalangan pengawas, sehingga tugas pengawasan dapat dilaksanakan dengan baik.

Ketua Bawaslu Sinjai, Arsal Arifin, turut menegaskan urgensi penyatuan persepsi di kalangan jajaran pengawas terkait Pilkada 2024. Fokus utama Bawaslu, menurut Arsal, adalah menegakkan demokrasi yang adil dan transparan di Kabupaten Sinjai, sesuai dengan amanat undang-undang.

"Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi perhatian utama kami dalam Pilkada kali ini," jelas Arsal. 

Ia menambahkan bahwa Bawaslu telah mengidentifikasi potensi pelanggaran terkait netralitas ASN, dan Panwascam telah memiliki data awal untuk mengantisipasi hal tersebut.

Rapat ini juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sinjai serta jajaran Bawaslu Kabupaten Sinjai. (Ikhlas/Sudirman)
Komentar

Tampilkan

  • Bawaslu Sinjai Gelar Rapat Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas Adhoc untuk Pemilu 2024
  • 0

Terkini

Iklan