Iklan

Iklan

KPU Bone Sosialisasikan PKPU Nomor 8, Anwar Harap Tercipta Pemilu yang Jurdil

14 Juli 2024, 9:03 AM WIB Last Updated 2024-07-14T02:55:55Z

Swafoto bersama usai pembukaan Sosialisasi PKPU Nomor 8 Tahun 2024 di Hotel Helios, Sabtu (13/7/2024)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Dalam rangka memberikan pemahaman kepada partai politik, PPK dan masyarakat mengenai syarat dan mekanisme, calon dalam Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone menggelar sosialisasi tentang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024.


Sosialisasi tersebut terkait persiapan pelaksanaan tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.


Sosialisasi dibuka langsung Ketua KPU Kabupaten Bone Yusran Tajudddin dipusatkan di Hotel Helios, kota Watampone, Sabtu (13/7/2024). 


Pj Bupati Bone diwakili Asisten 1 Setda Bone Anwar, SH menyampaikan bahwa Pemilu ini adalah tanggung jawab moral semua pihak.


"Pilkada 2024 akan berjalan lancar dan tertib jika semua pihak mengambil bagian, karena ini bukan tanggung jawab perorangan tapi tanggung jawab kita semua baik pemerintah, penyelenggara, partai politik dan media," kata Anwar. 


Anwar mengharapkan dalam Pemilu ini tercipta kedekatan dan sinergitas semua pihak sehingga Pemilu dapat berjalan aman, lancar dan damai.


"Kalau kedekatan semua pihak itu sudah tercipta maka tidak ada lagi jarak diantara kita dan akan tercipta Pemilu yang Jurdil," harapnya.


Pada kesempatan itu Anwar juga menyampaikan apresiasi kepada KPU Bone bersama seluruh jajarannya sebagai penyelenggara Pemilu yang baik.


Selain penyelenggara Pemilu Anwar juga mengapresiasi peran media yang turut memberikan edukasi pencerahan kepada masyarakat.


Sementara itu Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin mengatakan bahwa, acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang persiapan pelaksanaan Pemilu 2024.


"Sosialisasi ini sangat penting karena masih banyak masyarakat yang pertanyakan mekanisme proses pencalonan Bupati dan Gubernur," kata Yusran.


"Ini sebagai edukasi dari PKPU untuk menyampaikan bagaimana terkait tahapan persiapan Pemuli itu," jelasnya.


Yusran mengungkapkan bahwa persiapan KPU sudah berjalan termasuk tahapan Coklit untuk data Pemilu sudah hampir rampung 100 persen. "Ini semua sudah berjalan dan pelaksanaan Coklit hampir rampung 100 persen," ungkap Yusran Tajuddin.


Selain itu pengarahan umum juga disampaikan Pasiter Korem 141 Toddopuli Letkol Inf Rahmat dan Plt Wakapolres Bone Kompol Antonius Tutleta, S.Pd.


Untuk diketahui dalam PKPU nomor 8 tahun 2024 pengumuman pendaftaran pasangan calon mulai, 24 Agustus sampai 26 Agustus 2024, selanjutnya pendaftaran dan penelitian persyaratan pasangan calon mulai 27 Agustus sampai 29 Agustus 2024 dan adapun penetapan pasangan calon pada Minggu, 22 September 2024. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • KPU Bone Sosialisasikan PKPU Nomor 8, Anwar Harap Tercipta Pemilu yang Jurdil
  • 0

Terkini

Iklan