Iklan

Iklan

Bawaslu Maros Temukan Puluhan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat Tercoklit oleh Pantarlih

26 Juli 2024, 11:44 AM WIB Last Updated 2024-07-27T03:48:21Z

Bawaslu Maros Temukan Puluhan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat Tercoklit oleh Pantarlih/ Foto : Bawaslu Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Untuk memastikan keakuratan data pemilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Maros, Bawaslu Kabupaten Maros telah melakukan pengawasan uji petik terhadap proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh KPU Maros. Pengawasan ini berlangsung dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024. 


Anggota Bawaslu Maros, Saiyed Mahmuddin Assaqqaf, mengungkapkan bahwa jumlah warga yang diuji petik oleh Pengawas Desa dan Kelurahan (PKD) mencapai 44.182 orang. 


"Dari hasil pengawasan uji petik, kami menemukan sejumlah warga yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tetapi masih tercantum dalam Daftar Pemilih, sebanyak 54 orang. Selain itu, terdapat 66 orang yang Memenuhi Syarat (MS) tetapi belum tercantum dalam Daftar Pemilih," jelas Saiyed Mahmuddin Assaqqaf. 


Selain itu, Bawaslu Maros juga mencatat adanya 104 pemilih disabilitas yang ditemui saat uji petik. Pemilih disabilitas ini terdiri dari kategori disabilitas fisik, intelektual, mental, tuna wicara, tuna rungu, dan tuna netra. "Hasil Pengawasan ini akan digunakan sebagai acuan untuk memastikan pemenuhan hak-hak pemilih disabilitas dalam Pilkada mendatang," ujar Mahmuddin. 


Berdasarkan hasil pengawasan tersebut, Bawaslu Maros melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan PKD telah memberikan total 208 saran perbaikan kepada KPU Maros. Dari jumlah tersebut, 207 saran disampaikan secara lisan, sementara satu saran lainnya diberikan secara tertulis. 


"Alhamdulillah, saran perbaikan kami semuanya telah ditindaklanjuti oleh KPU Maros," ungkap Saiyed Mahmuddin Assaqqaf. 


Bawaslu Maros akan terus melakukan pengawasan dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk memastikan tidak ada pemilih yang terlewatkan atau salah data. 


"Kami juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan jika ada ketidaksesuaian dalam data pemilih," pungkas Saiyed Mahmuddin Assaqqaf. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Bawaslu Maros Temukan Puluhan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat Tercoklit oleh Pantarlih
  • 0

Terkini

Iklan