Iklan

Iklan

Tim Asesor Akreditasi Perpusnas RI Asesmen Sekolah di Sinjai

24 Juni 2024, 6:28 PM WIB Last Updated 2024-06-29T06:30:37Z

Tim Asesor Akreditasi Perpusnas RI Asesmen Sekolah di Sinjai/ Foto : Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI - 
Perpustakaan sekolah menjadi salah satu tempat penting di dunia pendidikan. Untuk memastikan Perpustakaan memberikan kualitas yang baik kepada peserta didik, Tim Asesor Akreditasi Perwakilan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melakukan Asesmen di sembilan sekolah yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Sinjai.


Salah satu sekolah yang mendapat visitasi Akreditasi dari Tim Asesor ini adalah SD Negeri 4 Balangnipa yang terletak di jalan Hos Cokroaminoto Sinjai Utara, Selasa (25/06/2024).


Salah satu Asesor, Syamsir menjelaskan asesmen ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi perpustakaan sekaligus mencocokkan data yang dilaporkan sebagai keperluan akreditasi.


“Kami dibagi empat tim mengasesmen sembilan sekolah, ini untuk membuktikan apa yang diisi diborang sesuai dengan yang di lapangan,” ungkapnya.


Usai berkeliling melihat kondisi perpustakaan sekolah, Tim Asesor menjelaskan khusus di SDN 4 ini, perpustakaannya sudah bagus untuk tingkatan sekolah dasar.


“Saya lihat ini sudah cukup lumayan untuk kelas perpustakaan sekolah dasar, sisa ada yang perlu ditambahkan dan kami akan komunikasikan kembali ke pihak pengelola perpus.” jelasnya.


Meskipun dinilai sudah baik, Kepala SDN 4 Balangnipa Kamaruddin menjelaskan masih akan melakukan sejumlah perbaikan sesuai arahan Tim Asesor, mengingat perpustakaan adalah sumber ilmu bagi peserta didik.


“Saya sangat berterima kasih atas asesmen ini saya sebagai Kepala Sekolah merasa terdorong untuk meningkatkan kualitas perpus untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik dan menjadikan sekolah ini sebagai contoh yang baik bagi sekolah lain,” ungkapnya.


Diketahui ada sejumlah indikator yang menjadi instrumen akreditasi perpustakaan ini, beberapa diantaranya jumlah koleksi, jumlah referensi buku, dan sarana prasarana penganggaran di dana bantuan operasional sekolah atau dana BOS. 


Dalam Asesmen ini, Tim Asesor didampingi sejumlah pihak dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai.


Selain SDN 4 Balangnipa, delapan sekolah lainnya yang  juga menjalani asesmen diantaranya SDN 103 Bontompare, SDN 84 Mangarabombang, SDN 8 Hilalang, SDN 129 Batu Lappa, UPTD SMPN 7 Sinjai, UPTD SMPN 12 Sinjai, UPTD SMPN 11 Sinjai dan MTsN 1 Panreng. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Tim Asesor Akreditasi Perpusnas RI Asesmen Sekolah di Sinjai
  • 0

Terkini

Iklan