Iklan

Iklan

Pj Bupati Wajo Hadirkan Varietas Pohon Kelapa Bido

23 Juni 2024, 1:30 PM WIB Last Updated 2024-06-29T05:34:41Z

Pj Bupati Sinjai saat tanam Pohon Kelapa Bido di area wisata/ Foto : Pemkab Wajo

RAKYATSATU.COM, WAJO
- Penjabat (Pj) Bupati Wajo Andi Bataralifu melakukan kunjungan ke lokasi wisata Rumah Adat Atakkae, Minggu (23/6/2024).


Kedatangan Pj Bupati Wajo yang didampingi Plt Kadisporapar Muhammad Ilyas, serta Tim dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo, untuk memastikan kondisi tanaman di area rumah adat.


"Seringkali tanpa kita sadari menanam pohon selama ini hanya sebatas seremoni atau sekedar sebuah aktivitas sepele tanpa arti. Nah, faktanya, ada banyak manfaat menanam pohon, yang bukan hanya dirasakan oleh manusia melainkan semua makhluk hidup yang ada di sekitar kita," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Andi Bataralifu juga menanam 23 pohon Kelapa Bido di lokasi Rumah Adat Atakkae.


Diketahui, pohon Kepala Bido merupakan varietas kelapa super unggul. Karena Kelapa Bido memiliki karakteristik cepat berbuah, produksi buah banyak yang menghasilkan kopra dan minyak yang tinggi serta mampu memproduksi nira tinggi. Istimewanya lagi, kelapa dalam dari Morotai ini berbatang pendek, sehingga petani mudah dalam memanen.


Kelapa Bido memiliki ukuran buah yang tergolong besar dengan lingkar buar sekitar 60 – 70 centimenter (cm). Berdasarkan data karakteristik morfologi batang kelapa Bido memiliki pertumbuhan jarak antar daun yang sangat rapat yakni sekitar 50 cm. Sehingga salah satu ciri karakter spesifik utama kelapa Bido adalah jarak antar bekas pelapah daun yang sangat rapat yakni sekitar 2 -3 cm.


Keberadaan varietas pohon kelapa bido nantinya akan menambah indah dan sejuk kawasan wisata rumah adat atakkae. (Humas Wajo)

Komentar

Tampilkan

  • Pj Bupati Wajo Hadirkan Varietas Pohon Kelapa Bido
  • 0

Terkini

Iklan