Iklan

Iklan

Masyarakat Desa Pitue Bersyukur Tersentuh Program Pemberdayaan Desa BRILian

20 Maret 2024, 10:40 PM WIB Last Updated 2024-03-24T14:17:47Z
Penanaman pohon di Desa Pitue, Pangkep. (Ist)


RAKYATSATU.COM, PANGKEP - Desa Pitue adalah salah satu Desa BRILian yang terletak di wilayah pesisir. Tepatnya di Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Mayoritas penduduk di desa ini berprofesi sebagai nelayan. Meski desa ini terbilang cukup jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Pangkep, tapi masyarakat desa ini bersyukur tersentuh program pemberdayaan desa lewat Desa BRILian.

"Pemberdayaan masyarakat desa sudah dilakukan sejak 2021 oleh BRI Cabang Pangkep," kata Kepala Desa Pitue, M. Nasrul Munir, Rabu (20/03/2024).

Nasrul menjelaskan bahwa, pemberdayaan BRI untuk masyarakat di Desa Pitue sangat dirasakan. Karena berbagai bantuan disalurkan yang tidak hanya untuk mendukung perekonomian masyarakat semata. Namun juga menaruh perhatian besar untuk keberlanjutan lingkungan hidup.

"Jadi salah satu yang dilakukan untuk lingkungan lewat program Desa BRILian yang sudah berjalan di desa kami yaitu penanaman pohon pada 2022 lalu dilakukan penanaman pohon itu dan sampai sekarang kita jaga. Masyarakat juga berperan aktif menjaganya," paparnya.

Pohon yang ditanam, lanjut dia, termasuk tanaman produktif, seperti pohon sukun, rambutan, durian dan mangga. "Meski belum berbuah. Tetapi kita optimis nanti kita bisa mulai panen setelah lima tahun. Syukurnya juga karena yang ditanam ini adalah termasuk tanaman yang produktif. Jadi kita tunggu nanti akan dipanen hasilnya, seperti sukun," bebernya.

Sementara Pimpinan Cabang BRI Pangkep, Abid Rahman Martono mengatakan, Desa BRILian akan lebih diperhatikan, seperti apa kebutuhan pengembangan desanya dan sebagainya.

"Jadi desa BRILian itu lebih kita perhatikan, karena kita sudah tahu apa saja yang bisa dikembangkan di desanya," jelasnya. [Amin Rais]
Komentar

Tampilkan

  • Masyarakat Desa Pitue Bersyukur Tersentuh Program Pemberdayaan Desa BRILian
  • 0

Terkini

Iklan