Iklan

Iklan

Gelar Tes Bakat dan Minat Pelajar, Athirah Bone Gandeng Ruang Guru

16 Agustus 2023, 10:22 PM WIB Last Updated 2023-08-17T03:24:47Z

Proses tes bakat dan minat pelajar Sekolah Athirah Bone, Rabu (16/8/2023)/ Foto : Dok. Tim Web Athirah_Erwin

RAKYATSATU.COM, BONE
- SMP Islam Athirah Bone bekerja sama dengan Ruang Guru Cabang Bone melakukan tes bakat dan minat untuk siswa kelas IX yang dilaksanakan kurang lebih 90 menit pada Hari Rabu (17/8/2023) di Gedung Belajar SMP.


Menurut Asrul selaku perwakilan dari Ruang Guru Cabang Bone mengatakan, bahwa tes ini akan menghasilkan dua hasil yang bisa menjadi acuan bagi sekolah dan peserta didik, yaitu minat terhadap rumpun mata pelajaran dan aspek penalaran.


“Tes ini akan dilakukan secara online selama 90 menit, hasilnya nanti akan kami olah dan ditembuskan ke pihak sekolah untuk dijadikan acuan, peserta didik akan mendapatkan informasi terkait minat rumpun mata pelajaran sains atau sosial, mereka juga akan mendapatkan tes bakat aspek penalaran berupa aritmatika, deduktif, induktif, rasioning dan spasial,” ujar laki-laki yang sekarang menjabat sebagai Branch Manager Ruang Guru Cabang Bone itu.


Ditempat terpisah, Kepala SMP Athirah Bone Nuraeni mengatakan, kerja sama ini sangat bermanfaat bagi sekolah, tes ini akan sangat membantu peserta didik dalam menentukan masa depannya, anak-anak akan mengetahui bakat atau potensi alami yang dimilikinya, mereka juga akan mengetahui minatnya nanti di mana.


“Kerja sama dengan ruang guru sangat berdampak positif bagi sekolah, kami bisa melakukan diskusi dengan anak-anak bakat apa yang mereka miliki dan bisa di kembangkan, serta minatnya di rumpun mata pelajarannya di mana apakah sains ataupun sosial yang pasti akan menjadi acuan dalam menentukan cita-citanya," ujar perempuan yang saat ini mengikuti diklat calon guru penggerak.


Lebih lanjut sosok kepala sekolah alumni UIN Alauddin makassar tersebut menyampaikan bahwa pihak sekolah akan melakukan diskusi dengan orang tua peserta didik dari hasil tes pemetaan bakat dan minat ini sehingga orang tua tidak terlalu memaksakan anaknya nanti kuliahnya di mana jika tidak sesuai dengan hasil tes tersebut. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Gelar Tes Bakat dan Minat Pelajar, Athirah Bone Gandeng Ruang Guru
  • 0

Terkini

Iklan