Iklan

Iklan

Ratusan Anak Usia Dini Wisuda Imunisasi, Ini Wejangan Bunda PAUD Bone

25 Juni 2023, 9:46 AM WIB Last Updated 2023-06-25T04:01:58Z

Bunda PAUD Bone saat menghadiri wisuda imunisasi yg digelar Dinkes Bone, di Rujab Bupati Bone, Sabtu (24/6/2023)/ Foto : Dok. Kominfo Bone (RIL/AJ).

RAKYATSATU.COM, BONE
- Sebanyak 211 anak usia PAUD mengikuti Wisuda Imunisasi yang digelar Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF)


Pelaksanaan Wisuda Imunisasi tersebut dipusatkan di halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang, Kota Watampone, Sabtu (24/6/2023).


Kegiatan tersebut dibuka langsung Bunda PAUD Kabupaten Bone Hj. Kurniaty A. Fahsar, SH., Spec. Not.


Dalam wejangannya Bunda PAUD Hj. Kurniaty A. Fahsar menyampaikan bahwa Wisuda kali ini adalah merupakan langkah awal anak untuk meraih masa depan yang lebih cerah.


"Wisuda Ini merupakan langkah awal bagi anak-anak kita untuk meraih masa depan yang lebih cerah serta tumbuh menjadi generasi emas," kata Kurniaty.


Pada kesempatan itu Bunda Paud juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unicef dan seluruh komponen yang telah membantu terselenggaranya acara Wisuda tersebut.


"Ini Wisuda Imunisasi Kejar pertama kali kita laksanakan di Bone dan saya ucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Unicef serta seluruh komponen yang telah membantu sehingga acara wisuda ini terselenggara dengan baik," ucap Hj Kurniaty.


Kurniati lebih jauh menjelaskan bahwa dasar pembentukan karakter anak dimulai dari rumah, sehingga ibu selaku orang tua anak mempunyai peran penting dalam hal tersebut. Ibu berperan bagaimana menjadikan anak-anaknya sehat dan cerdas.


"Berbeda peran guru yaitu bagaimana membentuk murid-muridnya menjadi berkualitas namun itu tidak terlepas dari pendampingan ibu sebagai orang tuanya," jelasnya.


Rahman Nur Syam selaku perwakilan dari UNICEF mengajak para orang tua untuk berimunisasi agar kesehatan anak terlindungi.


“Mari kita sehatkan anak-anak kita, cerdaskan anak-anak kita agar muncul pemimpin-pemimpin baru dari Kabupaten Bone," harapnya.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bone dr. Hj. A. Nurminah, MARS., menuturkan program Imunisasi merupakan salah satu upaya pelayanan kesehatan bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat dari penyakit.


"Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, antara lain Tuber Kulosis (TBC), Tetanus, Difteri, Polio, Hepatitis dan Campak, olehnya itu mari semua anak anak kita ajak untuk tuntaskan imunisasinya," ajaknya.


Kadis Kesehatan juga menyebutkan bahwa imunisasi kejar ini diberikan kepada anak usia 0-59 bulan atau di bawah usia 5 tahun.


Adapun total anak yang diskrining pada 30 Lokus PAUD 1.165 murid terdiri dari 349 anak berusia lebih 5 tahun sementara peserta wisuda imunisasi lengkap di bawah 5 tahun sebanyak 211 anak.


Lanjut dikatakan A. Nurminah bahwa, Dinas Kesehatan Bone melalui 38 Puskesmas wilayah kerja dalam upaya meningkatkan cakupan imunisasi rutin dimasa pandemi dan telah aktif melakukan upaya promotif dan preventif dengan melibatkan lintas sektor terkait melakukan imunisasi kejar/sweeping imunisasi secara door to door.


Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Drs. A. Fajaruddin, MM mengapresiasi program PAUD Kabupaten Bone itu. "Kami bersama satuan dari jajaran pendidikan memberi dukungan penuh terhadap program imunisasi ini," kata A. Fajaruddin.


Dikatakannya Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar bagi anak-anak dan merupakan periode yang sangat penting sehingga diistilakan periode emas atau Golden Eks.


Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Bone dr. Hj. A. Nurminah, MARS, Kepala Dinas Pendidikan Bone Drs. A. Fajaruddin, MM., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bone Hj. ST. Rosnawati Radi, M. Si serta hadir pula Perwakilan kadis kesehatan Provinsi Sul-Sel, Ardadi S.Farm., M. Kes., Perwakilan Unicef Rahman Nur Syam. serta Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone H. Barham, ST., MM. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Ratusan Anak Usia Dini Wisuda Imunisasi, Ini Wejangan Bunda PAUD Bone
  • 0

Terkini

Iklan