Iklan

Iklan

Munaqosyah Hifdzil Quran SMP Islam Athirah Bone Berlangsung Haru

01 Juni 2023, 9:00 PM WIB Last Updated 2023-06-01T16:02:56Z

Suasana Munaqosyah Hifdzil Quran SMP Islam Athirah Bone, di Masjid Fatimah Kalla, Kompleks SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone, mulai Kamis (1/6/2023)/ Foto : Dok. Nurholis_Tim Athirah

RAKYATSATU.COM, BONE 
- SMP Islam Athirah Bone menggelar Munaqosyah Hifdzil Quran Tahun Ajaran 2022/2023.


Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari di Masjid Fatimah Kalla, Kompleks SMP-SMA Islam Athirah Boarding School Bone, mulai Kamis (1/6/2023).


Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kelas IX sebagai peserta ujian yang disaksikan langsung oleh guru, orang tua, dan siswa.


Pada kesempatan tersebut, hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan, Kepala SMP Islam Athirah Bone Nuraeni, S.Pd.,Gr.


Di hadapan seluruh peserta yang hadir, Ia menyampaikan betapa pentingnya menjaga hafalan Al-Qur'an yang telah didapatkan selama tiga tahun di Athirah Bone.


Menurutnya, menjaga hafalan tidak seperti mendapatkannya, upaya yang dilakukan harus lebih kuat dan teguh lagi karena begitu banyaknya ujian yang akan dihadapi.


"Sebagai hafidz, tantangan terberat kalian adalah menjaga hafalan. Namun bila kalian tau keutamaannya, baik untuk diri pribadi dan orang-orang yang kalian cintai dalam hal ini orang tua kalian, tentu kalian akan mengupayakannya. Anak-anakku, menjaga hafalan Al-Qur'an itu berat, tidak seberat saat kalian mendapatkannya. Harapan ibu, jumlah hafalan kalian saat ini harus menjadi standar minimal jumlah hafalan yang harus kalian jaga sampai kalian menghadap keharibaan Ilahi," kata sosok Srikandi pimpinan Sekolah Islam Athirah itu.


Pada momen tersebut 58 peserta akan dibagi menjadi dua kelompok besar yang dijadwalkan tampil dalam dua hari, yakni Kamis dan Jumat. Adapun Pelaksanaan ujian dimulai dari pukul 07.30 – 11.45 Wita.


Sebagaimana tradisi yang ada dalam pelaksanaan Ujian Tahfidz Al-Qur'an itu, para peserta yang diuji didampingi oleh orang tua masing-masing di atas panggung. Pendamping akan menemani peserta dalam menjawab setiap pertanyaan para penguji.


Tak pelak lagi, banyak kemudian momen-momen haru orang tua yang disaksikan saat mereka mendampingi buah hatinya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Ustad dan Ustadzahnya. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Munaqosyah Hifdzil Quran SMP Islam Athirah Bone Berlangsung Haru
  • 0

Terkini

Iklan