Iklan

Iklan

Respon Cepat, Dinkes Sinjai Datangi Warga Pederita Kanker Payudara

25 Januari 2018, 3:07 PM WIB Last Updated 2018-01-25T07:07:21Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Kisah Ibu Nurhayati (36) tahun yang sempat viral disosial media setelah diupload oleh salah seorang kerabatnya saat menjenguk pasien, langsung mendapat respon cepat dari petugas kesehatan dalam hal ini UPTD Puskesmas Balangnipa sebagai Penanggung jawab wilayah kerja dari keberadaan atau domisili pasien.

Plt. Kepala Puskesmas Balangnipa dr. Aliawati Albek mengatakan keberadaan Ibu Nurhayati (36), yang didiagnosa Ca Mammae atau Kanker Payudara dengan kondisi stadium lanjut ini, sejak dari dulu selalu menjadi pengawasan kami terkait dengan kondisi kesehatan yang dialaminya.

"Desember 2017 tepatnya sebulan yang lalu petugas kami sudah menjemput langsung dikediamannya   guna mendapatkan pengobatan dan perawatan, Namun mengingat kondisi penyakit pasien tersebut yang membutuhkan tindakan dan perawatan yang lebih lanjut sehingga saat itu juga setelah dilakukan pengobatan dasar pasien tersebut kami rujuk ke RSUD Sinjai untuk mendapatkan pelayanan yang lebih extra, tetapi masih dengan melalui pantauan serta pendampingan intens oleh nakes kami," Ungkap dr. Aliawiati, Kamis (25/1).

Lanjut dr. Menyampaikan bahwa saat itu pasien sudah dirawat di Rumah sakit, Namun baru beberapa hari di RSUD Sinjai keluarga pasien meminta pulang kerumahnya, dengan pertimbangan yang sifatnya internal dan tertentu.

"Tetapi terlepas dari itu, petugas kami tetap memberikan pelayanan rutin yang sifatnya home care Visite kepada pasien tersebut, sesuai dengan mekanisme dan jadwal kunjungan dalam buku kontrol pengobatan dan perawatan pasien yang juga kami tempel dirumah pasien," Jelasnya.

Sementara itu Humas Dinas Kesehatan Kab. Sinjai Syamsul Ahmad, S. Kep, yang ditemui pihak media mengatakan, Dinkes Sinjai sudah turun langsung ke rumah pasien, dan didampingi oleh petugas dari Puskesmas Balangnipa, dan selanjutnya kata dia pihaknya akan melakukan pendekatan persuasif kepada pasien dan keluarganya kiranya bersedia untuk dirawat di Fasilitas pelayanan kesehatan, apalagi mengingat status pasien dalam hal administrasi sudah lengkap serta dari dulu telah mendapatkan Kartu BPJS dari Pemerintah.

"Hanya saja memang sebelum pasien dirujuk maka keluarga juga harus berembuk sehingga menjadi pertimbangan prioritas terkait nantinya saat sudah dirawat di rumah sakit untuk selalu mendampinginya, dan mengenai sistem rujukan nanti petugas kami yang melaksanakan, bahkan bila perlu jika keluarga pasien memang bersedia, maka kami selalu siap untuk merujuknya, walaupun harus dirujuk sampai dimakassar, Jadi sementara kami menunggu persetujuan dulu dari pihak keluarganya, adapun tindakan home care visite tetap berjalan dan dilaksaknakan kontinyu oleh petugas nakes diwilayah kerja Puskesmas Balangnipa," Terang Zoel. (Asdar)

Komentar

Tampilkan

  • Respon Cepat, Dinkes Sinjai Datangi Warga Pederita Kanker Payudara
  • 0

Terkini

Iklan