Iklan

Iklan

KPUD Soppeng Canangkan Gerakan Coklit di Kompleks Disabilitas

20 Januari 2018, 3:14 PM WIB Last Updated 2018-01-20T07:14:34Z


RAKYATASTU.COM, SOPPENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng, meluncurkan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak, yang di pusatkan Kompleks Penyandang Disabilitas Laringgi, Desa Laringgi, Kecamatan Marioriawa, Sabtu (20/01). 

Ketua KPU Kabupaten Soppeng Amrayadi menjelaskan, latar belakang diluncurkannya gerakan coklit serentak, menurut dia, adalah untuk memunculkan kesadaran yang lebih terhadap masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam setiap pemilihan.

"Kita tidak ingin lagi ada Isu- isu terkait dengan ada problem data pemilih pada Pilgub 2018 Mendatang," jelas Ketua KPU.

Pencocokan dan penelitian ini juga berfungsi agar tidak ada lagi rekayasa dalam pendataan pemilu, apalagi Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil Gencar melakukan perekaman e-Ktp.

"Untuk PPDP, Tugas kita bukan hanya mencocokkan dan meneliti, bukan memeriksa tapi harus juga melakukan ajakan kepada warga untuk mempergunakan hak pilihnya," tambah Amrayadi. 

Ditempat yang sama, Bupati Soppeng yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng, Kamaruddin meminta kepada PPDP untuk tidak memanfaatkan jasa orang lain dalam pencoklitan apa lagi hanya menulis di belakang meja tanpa mendatangi Warga yang akan di Coklit.

Menurut Kamaruddin, Seorang PPDP harus mencatat sendiri atau mencoret Apa apa yang harus di coret, data Pemilih tidak boleh dianggap enteng karena data pemilih merupakan bagian dari Proses tahapan dari Awal sampai Pelaksanaan Pemungutan suara.

"Saya berharap PPDP untuk melakukan kinerjanya sesuai aturan dan juknis yang ada demi terselenggaranya Pemilu yang demokratis dan Berkhawalitas," tutur Kamaruddin. 

Sekedar untuk diketahui, pada kegiatan Coklit yang dimulai 20 Januari hingga 18 Februari ini akan melibatkan 1.039 orang, dengan target 5 kepala keluarga setiap orangnya.

Dengan kegiatan Coklit ini, diberharapka Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur bisa meningkat menimal satu persen mengingat pada Pilgub 2015 lalu.

Hadir dalam acara tersebut From Korpinda Ketua KPU beserta jajaran Ketua Panwaslu dan Anggota PPK  Panwascam PPL, PPS, PPDP dan Para Ketua Parpol. (Mario)
Komentar

Tampilkan

  • KPUD Soppeng Canangkan Gerakan Coklit di Kompleks Disabilitas
  • 0

Terkini

Iklan