Iklan

Iklan

Bupati Toraja Utara Gelar Aksi Panen Raya

29 Januari 2018, 6:59 PM WIB Last Updated 2018-01-29T12:57:57Z
Bupati Toraja Utara Gelar Aksi Panen Raya
RAKYATSATU.COM, TORAJA - Panen Raya yang digelar oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan didampungi Dandim 1414 bersama dengan kelompok tani Tandi Rerung ini, memberi inspirasi terbaru bagi warga Toraja Utara. 

Bertempat di lembang Lempo, Kecamatan Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara, Senin (29/01), Bupati Kalatiku terjun langsung ke sawah memanen padi dengan bahan pupuk organik.

"Setelah diolah menjadi beras, padi ini dipastikan aman dikonsumsi oleh warga karena menggunakan pupuk organik," kata Bupati Toraja saat melakukan panen raya. 

Dengan gaya santai berkemeja putih, Kalatiku menggunakan songko' (topi anyaman bambu), menyusuri persawahan yang dijadikan percontohan oleh Dinas Pertanian Toraja Utara. "Tanpa penggunaan pestisida, padi akan menghasilkan beras yang sehat dan layak dikonsumsi dan dapat bersaing di pasaran," jelasnya.

Dikatakan dia, pembebasan padi dari pestisida pun dapat menjaga unsur hara didalam tanah sehingga produksinya nanti terjaga dan dapat dinikmati anak cucu kita. 

"Kedepan Dinas Pertanian dan bersinergi dengan Dinas Perikanan untuk menghadirkan bibit ikan di persawahan yang ditanami padi agar petani memiliki 2 sumber penghasilan," tambahnya. 

Hadir juga pada panen raya ini, Kadis Pertanian Toraja Utara, Kadis Perikanan, Kabag Ekonomi, Staff Ahli, Camat Sesean Suloara dan anggota DPRD Toraja Utara. (San/ Kris)
Komentar

Tampilkan

  • Bupati Toraja Utara Gelar Aksi Panen Raya
  • 0

Terkini

Iklan