Home / Daerah / Maros

Senin, 20 Desember 2021 - 13:42 WIB

Pemkab Maros Sosialisasikan Perbup Tentang Bidang PUPR

RAKYATSATU.COM, MAROS – Bupati Maros Chaidir Syam membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati yang di selenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Maros, Senin (20/12/2021).

Menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan, sangat perlu untuk melakukan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup). Sosialisasi Perbup yang digelar Senin pagi ini terkait pedoman tertib usaha, tertib penyelenggaraan dan tertib jasa konstruksi Bidang PUPR.

Pegiatan ini memberikan informasi kepada peserta dalam rangka peningkatan pengetahuan terkait produk hukum yang menjadi dasar pelaksanaan pekerjaan.

“Dengan adanya Perbup, ini akan menjadi pedoman kita, menjadi standar di lapangan. Pekerjaan bisa berjalan sesuai aturan, pekerjaan dilapangan kualitasnya bisa sama semua. Tidak lagi ada perbedaan kualitas tiap dinas,” ungkap Chaidir.

Setelah dilakukan sosialisasi, Chaidir berharap, Pimpinan Perangkat Daerah (PD) bisa komitmen untuk menaati dan melaksanakan seluruh Perbup tersebut. Pelaksanaan kegiatan fisik konstruksi pada masing-masing PD dapat terimplementasi baik dengan dukungan peraturan yang jelas, lengkap, komprehensif, dan update.

“Pimpinan PD bisa mengajak jajarannya untuk taat pada Perbup yang ada. Semoga tidak lagi ada kesalahan terlebih dalam pengelolaan anggaran dan yang terpenting tercapainya tujuan pembangunan pemerintah daerah,” lanjut Chaidir.

Pemkab Maros Sosialisasikan Perbup Tentang Bidang PUPR

Selanjutnya Kepala Dinas PUPR, A Muetasim Mansyur juga menjelaskan, ada delapan peraturan yang telah dibuat dan telah tertuang dalam Perbup terkait bidang PUPR. Peraturan yang telah dibuat oleh tim penyusun juga telah dikoordinasikan dengan Bagian Hukum.

Delapan Perbup tersebut diantaranya, Tata laksana review hasil pemilihan penyedia penyelenggaraan jasa konstruksi di lingkup pemerintah kabupaten Maros; Tata laksana pemilihan limedia penyedia jasa konstruksi di lingkup pemerintah kabupaten Maros; Tata laksana rapat persiapan penandatanganan kontrak penyelenggaraan jasa konstruksi di lingkup pemerintah kabupaten Maros; Tata laksana penyerahan lokasi kerja personil penyelenggaraan jasa konstruksi di lingkup pemerintah kabupaten Maros; Tata laksana persiapan pelaksanaan kontrak penyelenggaraan jasa konstruksi di lingkup pemerintah kabupaten Maros; Tata laksana penyusunan rancangan konseptual sistem manajemen keselamatan konstruksi; Tata laksana penyusunan rencana mutu pekerjaan konstruksi; Tata laksana serah terima hasil pekerjaan konstruksi; Tata laksana yang dimaksud, diharap dapat menjadi panduan dalam penyusunan suatu laporan pengerjaan konstruksi.

“Fisik konstruksi akan seragam. Standar umum pelaksanaan dan target mutu akan tercapai. Dan hasilnya, manfaat yang dirasakan masyarakat bisa lebih maksimal,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Asahan

Diklat 3 in 1 Asahan, Peserta Bakal dapat Pelatihan, Sertifikasi dan Perluasan Kesempatan Kerja

Asahan

Polsek Pulau Raja Patroli C3 dan Monitoring BBM

Daerah

Bupati Sinjai Resmikan Bangunan Masjid Ali bin Hamad Al Thalib

Daerah

Begini Cara BPJS Kesehatan Tingkatkan Kepuasan dan Derajat Kesehatan Pesertanya

Daerah

Momentum Hari Jadi Sinjai, Bupati Sampaikan Permohonan Maaf

Daerah

Santai, Rio Cicipi Jalangkote Bundar

Daerah

Sepuluh Pelaku UMKM di Soppeng dapat Bantuan Box Usaha dari BRI

Bantaeng

Begini Yang Dilaksanakan Pangdam XIV Hasanuddin di Bantaeng