Home / Daerah

Senin, 20 September 2021 - 16:26 WIB

Pemkab Sinjai Subsidi Iuran BPJS Ketenagakerjaan Untuk Nelayan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai di tangan dingin Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus memberikan perhatian lebih kepada Nelayan yang ada di kabupaten Sinjai.

Hal ini tercermin dengan adanya upaya Pemda Sinjai untuk mengusulkan agar nelayan mendapatkan perlindungan pekerjaan dengan cara didaftarkan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tahun Anggaran (TA) 2022.

Tentunya, dalam perlindungan pekerjaan tersebut, Pemda juga turut memberikan subsidi bagi nelayan dalam pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Agar, sedikit banyaknya dapat membantu meringankan pembayaran tersebut.

Tenaga Pendamping Asuransi Nelayan Dinas Perikanan Sinjai, Jamaluddin Saleh mengatakan, pekerjaan nelayan cukup berisiko, olehnya itu Pemda berinisiatif membantu dengan memberikan perlindungan pekerjaan.

Salah satunya adalah mendaftarkan nelayan pada BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, sekitar 1.500 nelayan yang nantinya, diusulkan untuk memperoleh kartu BPJS Ketenagakerjaan, dengan disubsidi oleh Pemda.

“Peraturan Bupati (Perbup) sementara dibuat, dan ini merupakan program prioritas Pak Bupati ASA. Sehingga, Insya Allah pasti terwujud tahun depan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, di dalam Perbub sebenarnya 1.500 ini sudah termasuk nelayan dan petambak. Namun, tahun depan diprioritaskan terlebih dahulu untuk nelayan.

“Ke depan, akan dilihat lagi jika kuota 1.500 ini belum seluruhnya terpenuhi, maka akan dimasukkan juga petambak,” ujarnya.

Ia menuturkan, nelayan yang diusulkan ini tentunya, sebelumnya sudah terdaftar sebagai warga Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Jika nelayan nantinya sudah terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan iuran yang dibebankan itu sebesar Rp16.800. Namun, Pemda memberi subsidi sebesar Rp6.800. Olehnya itu, nelayan cukup membayar Rp10.000 setiap bulannya,” terangnya.

Adapun, nelayan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai Bukan Penerima Upah (BPU) akan menerima manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

BACA JUGA :  Menpora Buka Liga Beringin di Bone, Begini Harapan Bupati Fahsar

Share :

Baca Juga

Daerah

Peduli Sesama, Komandan Brimob Bone Borong Jualan Seorang Nenek Pedagang Keliling

Maros

Wabup Maros Harap Kopi Mallawa Bisa Tembus Pasar Nasional

Daerah

Jelang Nataru, Pemkab Maros Himbau Warga Tidak Gelar Pawai

Bone

Khaeroni Lantik 73 Dewan Hakim, Bupati Fahsar : Semoga Amanah

Sinjai

Pemkab Sinjai Gelar Latsar CPNS Golongan III

Bone

Begini Cara Polres Bone Berikan Rasa Aman dan Nyaman Pengunjung Tempat Wisata

Bone

Pelaksanaan MTQ Dimulai, Ini Lomba Yang Sudah Diikuti Peserta Kafilah Sinjai

Sinjai

DPM-PTSP Sinjai Sosialiasikan Program Perizinan