Home / Sinjai

Jumat, 20 Mei 2022 - 14:07 WIB

Pemberlakukan Program BPJS, Dapat Pelayanan Kesehatan Lebih Mudah

Pelayanan BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Jumat (20/5/2022)/ Foto : Sudirman

Pelayanan BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Jumat (20/5/2022)/ Foto : Sudirman

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Saat ini, peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memerlukan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Demikian juga bagi peserta yang berusia dibawah 17 tahun dapat menunjukkan Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA).

Kebijakan tersebut sudah mulai diberlakukan oleh Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, termasuk di Kabupaten Sinjai.

Staf Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan peserta Kantor BPJS Kesehatan Sinjai Nurul Fajri Utami saat ditemui di Kantornya, Jumat (20/5/2022) mengatakan bahwa saat ini BPJS Kesehatan memberlakukan satu identitas tunggal bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jadi jika ada masyarakat kita yang sudah terdaftar sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan dan ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan cukup membawa KTP dan tidak mesti wajib membawa kartu,” jelasnya.

Selain itu, bagi warga yang saat ini ingin mendaftar sebagai kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan tidak lagi menerbitkan kartu JKN, hanya dengan kepemilikan NIK warga sudah terdaftar sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan.

Nurul menambahkan, BPJS Kesehatan juga memudahkan warga untuk mendaftar sebagai kepesertaan jaminan kesehatan dengan tidak lagi mesti datang ke Kantor BPJS akan tetapi dapat memanfaatkan teknologi dengan mengakses website, aplikasi mobile JKN atau bisa melalui Whatsapp.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai Andi Muh. Idnan saat dikonformasi membenarkan inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

“Dengan adanya kebijkan ini masyarakat kita saat membutuhkan pelayanan kesehatan di Faskes, hanya dengan menunjukkan KTP Elektronik atau Kartu Keluarga. Saya rasa ini sangat bagus karena terkadang kita lupa tidak membawa kartu JKN-KIS, atau mungkin kartunya hilang, jadi warga tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya. [Ikhlas/Sudirman]

BACA JUGA :  Gebyar Vaksinasi Betabur Hadiah Bakal Digelar di Sinjai

Share :

Baca Juga

Daerah

Dekopinda Sinjai Gelar Anjangsana, Ajak Warga Ikut Vaksinasi

Daerah

Sekretariat DPRD Sinjai Terima Award Kategori Pelaporan Pajak Terbaik

Sinjai

Ada Gebyar Vaksinasi Berhadiah di Sinjai, Didominasi Oleh Guru

Daerah

LPMP Sulsel Gelar Advokasi Implementasi Program Penguatan Sarana PJJ

Sinjai

Pemkab Sinjai Hadiri Lepas Sambut Pejabat Dandim

Sinjai

Bupati Sinjai Bersama Istri Dapatkan Dosis Ketiga Vaksinasi

Sinjai

Salah Satu ASN Terbaik Dinas Perhubungan Meninggal, Bupati Sinjai Ajak Doakan Almarhum

Sinjai

DPKH Sinjai Bakal Ikutkan Tiga Inovasinya di Kompterisi Sinovik 2022