Home / Bone / Daerah

Sabtu, 19 November 2022 - 09:18 WIB

Gebyar Aksi Bergizi di Bone, Siswi Serentak Minum Tablet Tambah Darah

Ribuan siswi UPT SMAN 13 Bone serentak aksi minum tablet tambah darah saat Launching Gebyar Aksi Bergizi di halaman sekolah/ Foto : Sugi/Rakyatsatu.com

Ribuan siswi UPT SMAN 13 Bone serentak aksi minum tablet tambah darah saat Launching Gebyar Aksi Bergizi di halaman sekolah/ Foto : Sugi/Rakyatsatu.com

RAKYATSATU.COM, BONE – Puluhan ribu siswi remaja putri se-Kabupaten Bone, mengikuti kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat bertajuk “Gebyar Aksi Bergizi” yang digelar Dinas Kesehatan bekerjasama Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemda Bone.

 

Kegiatan itu dirangkaikan dengan kegiatan minum Tablet Tambah Darah (TTD) secara serentak, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) itu dipusatkan di UPT SMA Negeri 13 Bone, Jumat (18/11/2022).

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. Eko Nugroho, M.Kes mewakili Kepala Dinas Kesehatan Bone.

 

Kabid Kesehatan Masyarakat dr. Eko Nugroho mengatakan, kampanye aksi bergizi yang dilaksanakan itu melibatkan para perempuan remaja putri usia 12-18 tahun.

 

“Ini untuk memahamkan kepada anak remaja putri kita untuk mengkomsumsi tablet tambah darah satu tablet setiap pekan,” kata Eko.

 

Selain itu kata dr. Eko tujuan kegiatan ini untuk menjamin agar tidak ada remaja putri di Bone yang mengalami Anemia.

 

“Kalau remaja putri di Bone mengalami banyak Anemia maka ketika nanti mereka jadi calon pengantin dan hamil maka akan melahirkan anak yang terkondisi Stunting,” jelas Eko.

 

Sasaran lain program ini kata Eko juga kepada wanita usia subur, calon pengantin, ibu hamil, ibu melahirkan dan pekerja perempuan di perusahaan. “Sehingga pemerintah khususnya Dinas Kesehatan membuat program untuk mencegah anemia,” jelasnya.

 

Sementara itu Kepala Cabag Dinas Pendidikan Wilayah 3 Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Kabid SMA Sabiel Zakaria menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh sekolah SMA dan SMK di Sulawesi Selatan.

 

“Untuk di Kabupaten Bone UPT SMA Negeri 13 Bone yang ditunjuk untuk terhubung langsung bersama Gubernur, pada saat Launching,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Wartawan Kecam Oknum Petugas Bandara di Bone

 

Kepala UPT SMA Negeri 13 Bone Drs. Hamzah, MM mengatakan kegiatan ini melibatkan semua jenjang baik SD, SMP dan SMA sederajat. “Untuk UPT SMAN 13 Bone kami melibatkan seluruh siswi berjumlah 1200 orang yang proaktif dalam kegiatan ini,” tuturnya.

 

“Kegiatan ini bermanfaat meningkatkan kesehatan, menjaga pola makan sehingga anak kita menjadi generasi sehat, generasi yang handal agar bisa memberikan yang terbaik pada diri sendiri, sekolah maupun pada bangsa,” harapnya.

 

Mengawali kegiatan ini seluruh siswi mengisi survei untuk mengetahui efek setelah minum tablet tambah darah dilanjutkan senam bersama lalu makan bersama dengan menu bergizi dan meminum tablet serentak saat Launching dimulai.

 

Untuk diketahui tercatat sebanyak 28.428 siswi dari 326 Sekolah SMP, MTs, SMA, SMK, MA dan Pondok Pesantren di Kabupaten Bone dilibatkan dalam kegiatan tersebut. [Ikhlas/Sugi]

Share :

Baca Juga

Bone

Teken MoU dengan Perumda Samarinda, Ini Harapan Dirut Perumda Bone

Makassar

Cegah Covid-19, Danny Pomanto Kerahkan 1.000 Satgas Raika di Lokasi Shalat Ied

Daerah

Di Ulang Tahun ke 40, Kades Kampuno Hadiahkan Bangunan TK Warga Abbanuang

Wajo

Berkunjung Ke Wajo Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Minta Bupati Wajo Siapkan ini

Daerah

Pasca Masuk Zona Merah, Pemkab Wajo Terapkan PPKM Level 3

Daerah

Suasana Lebaran, Andi Seto Ajak Keluarga Nikmati Kuliner di TPI Lappa

Bone

Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Danyon Brimob Bone Ikuti Ziarah di TMP Watampone

Bone

68 Tim Ramaikan Kejuaraan Bola Voli Antar Pelajar PBVSI Cup