Home / Daerah / Soppeng

Selasa, 19 Oktober 2021 - 21:31 WIB

Dua Desa di Soppeng Raih Penghargaan Proklim

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Mewakili Bupati Soppeng, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kab.Soppeng, Andi Ibrahim Harta, SH, M.Si mengikuti acara Penyerahan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kabupaten Soppeng Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual bertempat di ruang pertemuan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Soppeng, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan ini merupakan puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2021, dimana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan penghargaan Proklim kepada lokasi Proklim Kategori Utama dan Lestari, Apresiasi Pembinaan Proklim dan Apresiasi Pendukung Proklim yang telah aktif dalam mendukung dan mengembangkan Proklim sebagai bentuk kontribusi nyata para pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Direktur jenderal pengendalian perubahan iklim, Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A dalam laporannya sebagaimana kita ketahui bersama bahwa festival iklim tahun 2021 mengambil tema “Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menyemangati kita semua atas dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan terutama unit kerja di lingkup kementerian lingkungan hidup dan kehutanan yang telah melakukan berbagai macam kegiatan festival di tahun ini diantaranya webinar, pameran virtual proglim, workshop pelatihan jurnalis dan penulisan media sosial serta tidak ketinggalan berbagai lomba kreatifitas yang menarik dan diikuti oleh berbagai macam kalangan serta penyerahan penghargaan proklim tahun 2021.

Pada festival iklim tahun ini, kita memperkenalkan berbagai kebijakan, program dan inovasi-inovasi baru dalam upaya penurunan emisi rumah kaca dan dan Peningkatan Ketahanan Iklim serta menjalin kolaborasi dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan program serta karya-karya cerdas yang menggunakan metodelogu yang berasal dari inisiatif pimpinan Kab/Kota.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan DR IR. Siti Nurbaya bakar, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan kegiatan adaptasi perubahan iklim ini perlu diterjemahkan dengan program dan aksi nyata baik di Kabupaten, Kecamatan, Desa/Lurah serta seluruh pihak perlu memberikan peran aktif, karena pelaksanaan program iklim ini merupakan langkah strategis dalam upaya pengurangan resiko bencana terkait iklim serta memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penghematan energi yang dapat memberikan kontribusi dalam upaya pengurangan emisi gas rumah kaca.

Pada kesempatan ini, saya sampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah melaksanakan aksi nyata di lokasi program kampung iklim serta kepada pemerintah daerah yang telah melakukan pembinaan kepada masyarakat. Proklim akan terus diperkuat dengan menggerakkan seluruh potensi yang ada untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk itu, mari kita lakukan semata-mata untuk membangun kekuatan dalam mengatasi perubahan iklim dan melindungi SDA yang merupakan titipan yang akan digunakan untuk anak cucu kita di masa yang akan datang.

Penerima penghargaan proklim ini dilakukan secara faktual/tetap muka dan secara Virtual/Zoom Cloud meeting. Untuk faktual terdiri dari penerima trophy proklim kategori Lestari sebanyak 7 wilayah, penerima piagam apresiasi pembinaan program tingkat provinsi sebanyak 7 wilayah dan penerimaan piagam apresiasi pendukung proklim sebanyak 9 instansi.
Untuk penerima penghargaan proklim secara virtual terdiri dari penerima trophy proklim utama 54 wilayah, penerima piagam apresiasi pembinaan proklim tingkat kota/ Kabupaten sebanyak 8 kota dan 23 Kabupaten, penerima sertifikat proklim utama sebanyak 198 wilayah

Dalam kegiatan festival iklim ini, Kab.Soppeng mendapatkan 2 penghargaan yang diterima secara virtual yaitu :

Penerima Trophy Proklim Utama
( Desa Ganra Kecamatan Ganra )
Penerima Sertifikat Proklim Utama
( Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata )

Turut hadir, Kepala dinas Lingkungan Hidup Kab. Soppeng, camat ganra, Kades Ganra, Kades Mattabaulu, tim pembina proklim Kab. Soppeng.

Share :

Baca Juga

Daerah

Andi Rio Bantu Korban Kebakaran Rumah di Pompanua

Daerah

Jelang Tiga Tahun Pemerintahan Andi Seto-Andi Kartini, Begini Penilaian Ketua PD Muhammadiya Sinjai

Daerah

DPK Sulsel Kunjungi Sinjai, Tinjau Fasilitas Perpustakaan

Daerah

Begini Cara Disdik Maros Tekan Anak Putus Sekolah

Daerah

Pasien Positif dan Sembuh dar Covid di Sinjai Bertambah

Bone

Garap Video Program Acara Ketupat Lebaran, TVRI Sulsel Gandeng Brimob Bone

Daerah

Puluhan Aset Milik Pemkab Sinjai Kini Miliki Hak Legalitas

Asahan

PKK dan Dharma Wanita Asahan Salurkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Desa Sei Apung