Pemkab Sinjai Klaim Produksi Rumput Laut Terus Meningkat

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Meski wabah Covid-19 masih melanda saat ini, tidak menyurutkan tekad para petani rumput laut di Sinjai untuk menghasilkan produksi di sektor budidaya rumput laut. Mengingat
komoditi satu ini sangat potensial untuk dikembangkan dalam rangka mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan data Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai produksi rumput laut dari tahun ke tahun yang mengalami peningkatan.

Sekretaris Dinas Perikanan Sinjai Drs Syamsir Tabiala, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (19/02/2021) mengatakan, bahwa produksi budidaya rumput laut yang dihasilkan oleh masyarakat Sinjai pada tahun 2018 sekitar 19.123 ton, pada tahun 2019 mencapai 20.863 ton dan tahun 2020 kembali mengalami peningkatan menjadi 33.051 ton.

Peningkatan ini menurutnya tidak lepas dari potensi wilayah yang sangat strategis apalagi ditopang dengan wilayah kepulauan dengan garis pantai yang demikian panjang, serta dukungan dari Pemerintah Daerah dalam melakukan pembinaan maupun pemberdayaan kepada kelompok petani rumput laut.

“Kami terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada kelompok pembudidaya serta pendampingan melalui penyuluh perikanan di wilayah masing-masing sehingga mereka dapat meningkatkan produksi hasil budidaya rumput laut,” ujarnya.

Bukan hanya itu, setiap tahun Pemerintah Kabupaten Sinjai memberikan sejumlah bantuan berupa benih rumput laut dan sarana budidaya rumput laut.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) selalu menegaskan, bahwa berbagai program di sektor perikanan ini akan terus ditingkatkan mengingat potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Sinjai cukup besar, sehingga peluang untuk mensejahterakan masyarakat di sektor ini cukup menjanjikan.

“Melalui koordinasi dan komunikasi yang terjalin baik dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Insya Allah kita terus berupaya untuk memberikan perhatian kepada masyarakat kita yang berprofesi di sektor perikanan,” tandasnya.