Kelurahan Kota di Bone Punya Satgas Kebersihan, Kelurahan Apala Punya Ini

Srikandi Kebersihan Kelurahan Apala saat melakukan kerja bakti

RAKYATSATU.COM, BONE – Kebersihan adalah sebagian dari Iman dan pangkal Kesehatan, maka sudah sepatutnya kebersihan harus selalu diperhatikan dan dijaga, terutama kebersihan badan, rumah tangga atau halaman dan lingkungan sekitar.

Olehnya itu, sebagai salah satu kelurahan yang terletak di jalan poros atau jalan protokol Provinsi Sulawesi Selatan yakni di Jalan Poros Bone-Sinjai Km 9, maka Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone terus berbenah dan menjaga kebersihan lingkungan.

Sebagai kelurahan yang terletak di luar kota tentu Kelurahan Apala tidak atau belum memiliki Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan. Sebab saat ini baru kelurahan yang ada dalam kota Kabupaten Bone yang memiliki Satgas Kebersihan.

Babinsa Kelurahan Apala bersama Srikandi Kebersihan Kelurahan Apala saat membersihkan parit

Karena tidak memiliki Satgas Kebersihan maka Kelurahan Apala memiliki cara tersendiri dalam menjaga kebersihan lingkungannya, yakni dengan cara gotong royong dan Gerakan Srikandi Kebersihan Kelurahan Apala.

Gerakan Srikandi Kebersihan Kelurahan Apala bergerak setiap hari Jumat menyusuri setiap lingkungan bergotong royong bersama warga melakukan pembersihan sampah dan penataan pagar hidup/tanaman/pohon.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Kelurahan Apala, Andi Irawati Mangkona, bahwa para Srikandi Kebersihan Kelurahan Apala adalah mereka yang termasuk dalam Program Kelurahan Harapan (PKH).

“Para penerima bantuan PKH sudah sepakat untuk melakukan pembersihan atau kerja bakti setiap hari Jumat,” ujar Andi Irawati Mangkona.

Ia menambahkan, untuk mengkordinir kegiatan kerja bakti maka ditunjuk salah seorang ketua dari penerima bantuan PKH tersebut.

“Jadi ada ketua yang akan mengkoordinir kegiatan kerja bakti PKH setiap Jumat disamping bantuan dari Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Apala,” tambahnya.