Home / Maros

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:55 WIB

Kapolda Sulsel Pantau Pelaksanaan Vaksin Untuk Anak di Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS – Pemerintah Kabupaten Maros mulai menggelar pemberian vakasinasi Covid-19 dikalangan pelajar usia 6 sampai 11 tahun di Gedung Serbaguna Maros, Rabu (19/1/2021).

Giat vaksin ini hadir langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Bupati Maros, AS Chaidir Syam, Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir, Kapolres Maros, AKBP Fatur Rochman, Dandim 1422 Maros, Letkol Inf Budi Rahman, Kajari Maros, Suroto.

Menurut kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, program vaksinasi serentak ini terus digenjot, khusunya bagi kalangan pelajar utamanya di Kabupaten Maros

Lebih lanjut kata dia, untuk di Maros ini pertama kali dilakukan vaksinasi dikalangan siswa usia 6-12 tahun namun terlebih dahulu di cek kesehatannya.

“Hari ini kita juga mulai melakukan vaksinasi bagi anak-anak 6 sampai 12 tahun, Namun sebelum di vaksin para peserta baksin terlebih dahulu di cek kesahatannya pada tekanan darah kemudian di screening,” ungkapnya

Jenis vaksin pada anak SD yang laksanakn di Gedung Serbaguna ini berjenis Sinovac.

Olehnya itu Kapolda Sulsel mengimbau agar orang tua bisa mendampingi anaknya dalam proses vaksinasi.

“Jadi mereka harus divaksin dalam rangka menjaga kekebalan tubuh anak. Ini sangat penting meningkatkan herd immunity agar tidak tertular Covid-19 khususnya varian baru omicron,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Maros, dr Muhammad Yunus membenarkan kalau ini kali pertama dilakukan pemberian vaksinasi dikalangan anak usia 6-11 tahun.

“Jadi kita targetnya itu 40.084 jiwa untuk anak usia 6 tahun sampai 11 tahun. Hari ini merupakan pencanangan vaksinasi pertama kali untuk kalangan pelajar SD,” ungkapnya.

Kedepannya, kata dia, pemberian vaksinasi ibi bisa menjadi salah satu syarat pembelajaran tatap muka (PTM) sama halnya kalangan pelajar SMP dan SMA.

Menyoal jenis vaksinnya, kata dia, yang cocok untuk anak sd ini adalah jenis sinovac.

“Ya itu karena efektivitasnya itu paling rendah, dan semakin rendah efektivitasnya maka efek samping juga makin rendah. Kedua anti body anak usia 6 tahun sampai 11 tahun masih bagus,” jelasnya.

Setelah pencanangan ini kata dia, vaksinasi kalangan anak usia 6-11 tahun ini akan dilakukan di sekolah-sekolah dengan koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Khusus har ini kita menarget 500 khusus untuk pelajar usia 6-11 tahun,” pungkasnya. [Ikhlas/Arul]

Share :

Baca Juga

Maros

Dinas Parawisata Kabupaten Maros Tingkatkan Kenyamanan dan Keamanan Pariwisata

Maros

Tiga Parioritas Program Tanggap Dukcpil Maros

Daerah

Hadiri Workshop Pegembangan KaTa, Menparekraf Sampaikan Hal Ini

Daerah

Menjanjikan, Petambak di Maros Beralih ke Budidaya Kepiting Bakau

Maros

Wujudkan Daerah Literasi, Dinas Perpustakaan Maros Gelar Gerakan Wakaf Buku

Maros

Peringatan Nuzulul Quran, Bupati Maros : Upaya Mengingatkan Peran Al-Quran di Kehidupan Manusia

Maros

LAN RI dan Pemkab Maros Bagi Bantuan Kepada PKH di Dua Desa

Maros

Sepekan Jelang Ramadan, Wisata Alam Bantimurung Ramai Pengunjung