Berhasil Terjual Diatas 54 Persen, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

Mobil Honda Brio / Ist. Foto : Google

RAKYATSATU.COM – PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil mencetak prestasi. Pasalnya, ini kali pertama dalam sejarah eksistensi HPM di Tanah Air, akhirnya satu nama Honda berhasil menjadi mobil terlaris selama setahun.

Mobil terlaris selama setahun itu ialah famili Brio yang mendominasi di atas semua mobil lain di Indonesia pada tahun lalu.

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengungkapkan bahwa penjualan mobil secara menyeluruh di tahun lalu memang anjlok nyaris setengahnya.

Melansir data Gaikindo, penyerapan retail dicatatkan sebesar 578.327 unit saja. Turun sekitar 44,6 persen dari torehan 2019 sebanyak 1.043.017 unit. Bukan hanya turun, posisi klasemen pun bergeser seiring terjadinya perubahan perilaku konsumen sehingga menempatkan Brio sebagai produk terlaris tahun lalu.

“Tahun 2020 terjadi disrupsi besar yang tidak hanya berdampak pada industri tapi juga pada perilaku konsumen pada akhirnya juga berpengaruh terhadap performa penjualan Honda Brio tahun lalu,” ucap Yusak dalam konferensi pers digital, Selasa (18/1/2021).

Penyebabnya kata Yusak Billy, melihat adanya pergeseran perilaku dari masyarakat yang sebelumnya menggunakan transportasi umum menjadi pengguna mobil pribadi. Ini dinilai sebagai faktor pendorong pertumbuhan first time buyer. Brio pun menjadi salah satu opsinya sebab duduk di segmen mobil murah LCGC.

Ia menyebutkan segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang selama ini jadi favorit mengalami penurunan permintaan pada tahun lalu. Di sini Honda punya Mobilio. Deman pasar meningkat di segmen Low SUV (Sport Utulity Vehicle) sedangkan segmen city car yang diisi Brio sebenarnya stabil.

“Meningkatnya penjualan Honda Brio ini cukup anomali karena dari 10 mobil paling laris sepanjang 2020, Honda Brio adalah satu-satunya yang berjenis hatcback. Sembilan mobil terlaris lainnya, 6 berjenis MPV atau SUV dan 3 lainnya komersial,” jelasnya.

Pada porsi penjualan Honda sendiri, lanjut Yusak, Brio berkontribusi atas 54 persen dari keseluruhan hasil sepanjang tahun. Mencatatkan angka 33.713 unit untuk model Satya dan 11.308 unit RS dari total 79.451 unit.

“Hingga akhir tahun Brio Satya diklaim sebagai market leader segmen LCGC dengan meraup pangsa pasar 27,2 persen. Sementara itu, varian termahal RS menguasai segmen City Car sebanyak 74,7 persen,” tuturnya.

Sementara President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe mengungkapkan bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau.

“Kami sangat bangga, karena dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ucapnya.

Berikut adalah daftar mobil terlaris sepanjang Januari sampai dengan Desember 2020:

  • Honda Brio : 40.879 unit
  • Suzuki Carry : 38.072 unit
  • Toyota Avanza : 35.754 unit
  • Daihatsu Gran Max (Minibus dan Pikap) : 32.373 unit
  • Toyota Rush : 29.361 unit
  • Toyota Kijang Innova : 27.594 unit
  • Mitsubishi Xpander : 26.362 unit
  • Toyota Calya : 23.442 unit
  • Daihatsu Sigra : 23.295 unit
  • Mitsubishi L300 : 16.088 unit

Sumber : Oto.com