Home / Daerah

Jumat, 18 Desember 2020 - 01:18 WIB

Gubernur Sulsel : Kenaikan Kasus Covid di Sulsel Dampak dari Pesta Demokrasi

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka antisipasi potensi ancaman, tantangan, hambatan dan ganguan menjelang Perayaan Natal 2020 dan pergantian malam tahun baru 2021, bersama Kepala Daerah se-Sulawesi Selatan, Jumat (18/12/2020).

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang memimpin acara tersebut mengatakan, tren kenaikan kasus Covid-19 akhir-akhir ini menjadi perhatian yang sangat luar biasa. Hampir fenomenanya seperti Makassar merupakan dampak dari pesta Demokrasi kemarin yang dilaksanakan.

“Saya yakin dan percaya bahwa kenaikan ini adalah dampak dari pesta demokrasi kemarin,” kata Nurdin Abdullah dalam forum virtual itu.

Dikatakan dia, pihaknya sudah mengingatkan semua pihak, termasuk penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawaslu agar Protokol Kesehatan (Prokes) menjadi hal utama dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“Kenapa ini saya katakan demikian, karena kita bisa lihat sekian banyak Paslon kita yang terkonfirmasi positif bahkan ada yang meninggal, artinya memang terjadi sebuah penularan yang dahsyat,” ungkapnya.

Terkait penyebaran itu, seluruh restoran dan mall yang ada di Makassar, pihaknya tidak ingin kembali membuat sebuah keputusan yang tentu akan mempengaruhi giat atau gerakan ekonomi.

“Saya berharap seluruh pimpinan hotel restoran rumah makan Warkop ini, betul-betul kita patuhi protokol kesehatan secara ketat, karena ini menjadi salahsatu pemicu. Olehnya itu saya berharap pada pertemuan ini ada rekomendasi konkrit yang harus kita lakukan tentu dalam rangka melindungi masyarakat kita dari Covid-19,” harap Gubernur.

Sementara Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak dalam kesempatan itu menyampaikan kepada Gubernur Sulsel, bahwa apa yang dilakukan di Provinsi saat ini, telah diterapkan di Kabupaten Soppeng.

Langkah-langkah antisipasi yang dilakukan Pemprov Sulsel bersama Forkopimda dalam menyambut Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 patut diapresiasi.

“Terkait dengan apa yang dilakukan hari ini, Kami siap melaksanakan petunjuk dan arahan dari Provinsi, kami bersama Forkopimda sudah siap melaksanakan apa yang menjadi kewajiban dan tanggungjawab,” kata Bupati.

Turut mendampingi Bupati Soppeng saat mengikuti rapat, Ketua DPRD Soppeng Syahruddin M Adam, Kapolres Soppeng, Dandim 1423/Spg dan pimpinan Forkopimda Soppeng.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Dorong Generasi Muda, Bupati Sinjai Buka Entrepreneur School

Daerah

Dinkes Sinjai Workshop Instrumen Akreditasi Terbaru RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melaksanakan workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi terbaru edisi II tahun 2019. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, Jumat (9/7/2021) di Aula Pertemuan Dinkes. Workshop yang diikuti 30 peserta terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Mutu, Ketua Pokja Admen, Ketua Pokja UKM, Ketua Pokja UKP yang berasal dari enam Puskesmas seperti, Puskesmas Panaikang, Mannanti, Tenggalembang, Balangnipa, Samataring, Lappadata. Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengemukakan, bahwa terdapat perbandingan pada standar akreditasi yang lama dan yang terbaru. Misalnya, pada versi 2015 itu memiliki sembilan bab, sementara versi 2019 hanya lima bab. “Jadi lebih dipadatkan lagi atau disederhanakan namun hal itu tidak mengurangi apa yang ingin dicapai serta yang akan diimplementasikan nanti di masyarakat dengan standar yang harus dipenuhi,” ujarnya. Dalam kesempatan ini, dr. Emmy menekankan kepada Kepala Puskesmas dan seluruh Stafnya untuk bekerja lebih keras dan giat dalam mempersiapkan proses Akreditasi nanti. Dirinya berharap dalam kegiatan ini agar seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai selesai nanti. “Mari kita belajar dengan baik sehingga dapat nanti dilaksanakan dan implementasikan di puskesmas, dengan demikian pelayanan kita kepada masyarakat akan lebih bermutu,” ujarnya. Workshop ini menghadirkan dua narasumber yakni, Surveior Akreditasi FKTP (Admen Sulsel) drg. Andi Murniati, dan Surveior Akreditasi FKTP (UKP Sulsel) dr. Enny Farida.

Daerah

Sinergi Dengan Pemerintah, BNI Salurkan KUR Tani Untuk Pemulihan Ekonomi

Daerah

Tingkatkan PAD, Pemkot Tanjungbalai Launching Satgas dan Pemasangan Tapping Box

Daerah

Selama Cuti Bersama, Pelayanan di RSUD Sinjai Tetap Terbuka

Daerah

15 Warga Barebbo Nikmati Bantuan Pemkab Bone Berupa CBP

Daerah

Tingkatkan Kemampuan Assesor, Danyon C Pelopor Ikuti Sharing Session Virtual

Daerah

Orari Sinjai Gelar Muslok ke IX