Home / Teknologi

Senin, 18 Juli 2022 - 12:10 WIB

Pakai Cara Ini Agar Aki Motor Kalian Lebih Awet

Baterai atau aki sepeda motor Yamaha. (YIMM)

Baterai atau aki sepeda motor Yamaha. (YIMM)

RAKYATSATU.COM – Sebuah sepeda motor untuk bekerja dan berjalan dengan baik memerlukan berbagai proses yang melibatkan banyak komponen, salah satunya aki.

Aki adalah komponen yang sangat vital bagi sebuah motor karena berkaitan dengan kelistrikan pada motor sebagai bagian rangkaian menghidupkan mesin.

Oleh karena itu, aki pada motor harus selalu diperhatikan dan dirawat supaya tidak menjadi masalah bagi motor ketika motor akan digunakan.

Agar Aki Lebih Awet
Melansir dari laman Astra Motor, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan supaya aki sepeda motor menjadi lebih awet, antara lain:

Panaskan motor setiap hari
Tips paling mudah yang bisa Anda lakukan supaya aki menjadi lebih awet adalah memanaskan motor setiap hari. Memanskan mesin motor akan membuat komponen yang berkaitan dengan kelistrikan pada motor berfungsi dengan baik. Walau Anda sedang tidak ingin memakai motor, Anda disarankan untuk memanaskan motor untuk menjaga kondisi kelistrikan pada motor dan idsarankan untuk memanaskan motor paling tidak 10 menit sehari.

Mengecek ketinggian aki
Mengukur ketinggian air aki menjadi salah satu hal yang banyak dilupakan untuk dilakukan. Padahal, dengan rutin mengecek ketinggian air aki motor, Anda dapat mengetahui apakah air aki masih tinggi atau sudah rendah. Jika air aki lama tidak dicek, aki bisa berumur pendek dan berpengaruh pada performa motor.

Mengecek terminal aki

Selain rutin mengecek ketinggian air aki, Anda juga harus rutin untuk mengecek terminal aki dan membersihkannya. Terminal aki memiliki peran yang penting karena mengalirkan seluruh energy listrik ke bagian-bagian yang membutuhkan daya. Kalau tidak dibersihkan, terminal aki bisa berkerak dan berakibat pada penyaluran energi yang tidak maksimal. Selain itu, kondisi terminal aki yang kotor juga bisa membuat aki menjadi lebih cepat soak.

Jangan gunakan aksesori berlebihan
Menggunakan aksesori sepeda motor yang berlebihan, khususnya yang berkaitan dengan kelistirkan pada motor, akan membuat aki cepat soal. Contoh dari aksesori ini adalah menambah lampu selain lampu utama, perangkat audio, hingga menggunakan tipe klakson yang tidak sesuai standard an spesifikasi.

Itulah 4 tips supaya aki sepeda motor menjadi lebih awet dan tahan lama. [Tempo.co]

Share :

Baca Juga

Daerah

Aplikasi Sibantuki Milik Sinjai Dikenalkan di Tingkat Desa

Teknologi

Mercedes-Benz Indonesia Kenalkan Edisi Khusus C-Class AMG Final Edition

Teknologi

Desain Lebih Maskulin, Ini Bentuk New Pajero Sport Berwajah Xpander

Teknologi

Jelang MotoGP, 6.200 Kamar Masih Tersedia

Teknologi

Tahun Ini, BMW Group Indonesia Siapkan Puluhan Model Terbaru

Teknologi

Pakai Cara Ini Untuk Hemat Baterai Selama Libur Natura

Teknologi

10 Langkah Mempercepat Windows 10 Kalian

Bone

Karena Ini, Puluhan Pemilik Motor Yamaha di Kelurahan Apala Dapat Servis Dan Oli Gratis