Tingkatkan Kinerja Pelayanan, Satpol PP Bone Launching SAPPA Bone

Tingkatkan Kinerja Pelayanan, Satpol PP Bone Launching SAPPA Bone

RAKYATSATU.COM, BONE – Sebagai ujung tombak penegak Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja terus melakukan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Salah satunya melaunching Aplikasi SAPPA Bone (Sistem Aplikasi Pengaduan Masyarakat Dan Pelaporan Anggota), yang dilaksanakan di Ballroom Makkasau Jl. MT. Haryono Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone A. Akbar, S. Pd., M. Pd, menjelaskan bahwa, launching aplikasi SAPPA Bone ini merupakan salah satu inisiasi program dalam Proyek Perubahan (Proper) yang dibuatnya saat mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional Tingkat II, angkatan ke VII tahun 2021.

Ia melanjutkan, ada tiga tujuan utama dalam rangka implementasi Proyek Perubahan ini dalam Aplikasi SAPPA Bone (Sistem aplikasi pengaduan masyarakat dan pelaporan Anggota Satpol PP Kabupaten Bone), yang pertama, mewujudkan tersedianya layanan pengaduan masyarakat terkait ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat secara online.

Kemudian, meningkatkan dan memberikan kemudahan terhadap layanan pengaduan terkait ketertiban umun dan ketentraman masyarakat, dan yang ketiga adalah meningkatkan keamanan bagi orang yang menyampaikan pengaduan pada saat menyampaikan laporannya.

Tingkatkan Kinerja Pelayanan, Satpol PP Bone Launching SAPPA Bone

“Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aduannya dengan cepat, sekaligus pula mendekatkan pelayanan kami sebagai penegak perda,” ujar Andi Akbar.

“Tentu dengan hadirnya Aplikasi Sappa bone akan memberikan nilai tersendiri bagi upaya pemerintah kabupaten bone dalam mencanangkan E-Goverment untuk dapat menunjang pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan pelayanan prima” jelasnya.

Launching aplikasi ini juga diisi dengan paparan mengenai sistem informasi oleh Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone dan tahapan pengunaan aplikasi oleh Frans dari Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone sebagai tenaga teknis IT SAPPA Bone.

Bupati Bone, Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi M.Si., dalam sambutannya menuturkan dengan adanya sejumlah inovasi yang dilahirkan perangkat daerah dan masyarakat menjadikan Bone urutan pertama secara nasional kabupaten inovatif. Inovasi yang lahir paling penting berdampak langsung kepada masyarakat.

“Kabupaten Bone urutan pertama secara nasional kabupaten inovatif. Sedikit lagi masuk kabupaten sangat inovatif,” ungkap Dr H. Andi Fashar Mahdin Padjalangi, M. Si.

Pelaksanaan launching aplikasi pengaduan tersebut dihadiri pula oleh Sekda Bone Drs. H Andi Islamuddin, Kepala Pusat Litbang KMP LAN RI Makassar Dr. A. Taufik, M. Si., Dr. Muh. Akbar (Direktur Inovasi dan Wirausahawan Unhas) dan ibu A. Citra Lina Ph.D.