Home / Advertorial / Daerah / Sinjai

Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:07 WIB

Remisi Kemerdekaan Diharapkan Bisa Bantu Permasalaan Utama di Rutan Sinjai

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa meneyrahkan remisi kemerdekaan secara simbolis kepada 2 perwakilan warga binaan di sela puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu (17/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa meneyrahkan remisi kemerdekaan secara simbolis kepada 2 perwakilan warga binaan di sela puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu (17/8/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Sebanyak 127 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sinjai mendapatkan remisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Remisi kemerdekaan 17 Agustus ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) kepada 2 perwakilan warga binaan di sela puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan di Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu (17/8).

Turut mendampingi Bupati ASA, Kepala (KaRutan) Kelas IIB Sinjai, Muhammad Ishak dan Kepala Subseksi Pelayanan Tahahan, Wajidi Hasbi.

Momentum penyerahan remisi 17 Agustus tersebut, disaksikan langsung oleh seluruh tamu undangan, baik Forkopimda Kabupaten Sinjai, pejabat daerah hingga tokoh masyarakat.

“Dengan pemberian remisi ini diharapkan dapat membantu mengatasi sebagian permasalahan utama yang dihadapi jajaran pemasyarakatan terkhusus Rutan Sinjai pada saat ini yaitu over kapasitas,” kata Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Kepala Rutan Sinjai, Muhammad Ishak, mengatakan, pemberian remisi ditujukan kepada warga binaan yang telah memenuhi persyaratan yaitu berkelakuan baik dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun 6 bulan terakhir.

“Jadi mereka yang menerima remisi adalah warga binaan terhitung sebelum tanggal pemberian remisi dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan LAPAS/RUTAN/CABRUT dengan predikat baik,” ungkapnya.

Syarat berikutnya yaitu telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan. Aturan pemberian remisi sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan serta Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang remisi.

“Dengan pemberian remisi ini diharapkan dapat memotivasi warga binaan lain yang belum dapat remisi, untuk segera memperbaiki sikap selama menjalani pidana di penjara dengan aktif mengikuti setiap program pembinaan dan berkelakuan baik karena demikianlah syarat untuk mendapat remisi,” jelas Ishak.

BACA JUGA :  Kunker di Kodim 1406/ Wajo, Danrem Toddopuli Sosialisasikan Slogan Pangdam Hasanuddin

Sekadar diketahui saat ini total warga Binaan Rutan Kelas IIB Sinjai sebanyak 226 orang. Itu terdiri dari 183 berstatus Narapidana dan 43 orang tahanan. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Advertorial

Berbagi Sesama, Semen Tonasa Beri Bingkisan ke 100 Anak Panti Asuhan

Ekobis

Kredivo dan Ramayana Perdalam Penetrasi Paylater di Kota Tier 2 dan 3

Sinjai

Jadi Pembicara di Microsoft Asia Pasific Singapura, Ini Yang Disampaikan Andi Seto Tentang Kebijakannya

Sinjai

Kedepankan Pelayanan, Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Untuk Dapatkan Faskes di Sinjai

Daerah

Tahun 2021, Kabupaten Sinjai Kembali Terima Bantuan di Sektor Pertanian

Advertorial

TMMD Kodim 1419/Enrekang Selesai, Ini Pesan Danrem Pada Upacara Penutupan

Bone

HPN 2022, Dandim 1407 Bone Ciptakan Momen Bahagia Bersama Insan Pers

Sinjai

Wujudkan Lingkungan Asri dan Mencegah Banjir Kodim 1424/Sinjai Gelar Karya Bakti Massal