Home / Daerah

Sabtu, 17 Juli 2021 - 15:12 WIB

Pemkab Sinjai Wacanakan Penambahan Anggaran Beasiswa di APBD-P

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Sinjai di bidang pendidikan adalah beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Program ini telah berjalan sejak tahun 2019 lalu dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Dalam program ini, Pemkab Sinjai membayarkan biaya kuliah berupa Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) diperguruan tinggi tempat mahasiswa penerima program beasiswa.

Penanggung Jawab program beasiswa Dinas Pendidikan Sinjai Muh. Adli Arifin saat ditemui, Jumat (16/7/2021) mengatakan bahwa di tahun 2021 ini Pemkab Sinjai mengalokasikan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk membayarkan SPP bagi mahasiswa yang lolos sebagai penerima bantuan beasiswa pada tahun 2019 dan 2020.

Saat ini Pemkab Sinjai telah membayarkan SPP semester genap bagi mahasiswa Sinjai yang berprestasi senilai Rp 268 juta untuk 57 orang, baik yang berada di jenjang Strata Satu (S1), Magister (S2) maupun Program Doktor (S3).

“Jumlahnya yang sudah kita bayarkan 268 juta rupiah, untuk 11 mahasiswa yang terdaftar penerima beasiswa pada tahun 2019 dan XMR kuliah dengan syarat yang sudah diatur dalam Perbup 33 tahun 2019,” jelasnya.

Sementara untuk pendaftaran penerimaan beasiswa tahun 2021 ini akan dijadwalkan setelah adanya penambahan anggaran dari APBD Perubahan tahun 2021.

“Kita butuh tambahan anggaran sekitar 500 juta rupiah untuk penerimaan beasiswa tahun ini termasuk program penyelesaian studi. Setelah ini dianggarkan kita buka pendaftarannya, ” jelasnya.

Sedang untuk kuota program bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi masih sama dengan tahun sebelumnya yakni 130 orang, diperuntukkan bagi 100 jenjang Strata Satu (S1), 20 Magister (S2) dan 10 Program Doktor (S3).

Sementara itu Bupati ASA menerangkan bahwa program ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada generasi muda agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Pada intinya beasiswa ini merupakan bentuk motivasi kepada adik-adik kita yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik agar mampu melanjutkan pendidikan sesuai bakat/minat yang dimiliki tanpa memikirkan biaya kuliah. Dengan semangat belajar yang tinggi untuk meraih prestasi tersebut secara otomatis akan melahirkan SDM yang handal,” kata ASA.

Share :

Baca Juga

Maros

Non ASN Maros Dapat Tanggungan BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah

Daerah

Ketua Persit KCK Koorcab Rem PD XIV/Hsn Bersama Jajarannya Ziarah di TMP Watampone

Daerah

Bupati Kaswadi Narsum di Lokakarya Advokasi Learning

Daerah

Utamakan Prokes, Ratusan Camaba IAIM Ikuti Ujian Seleksi Tahap Pertama

Daerah

Sharing Regulasi dan Upaya Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Melalui Forum bersama Para Pemangku Kepentingan Kabupaten Sinjai

Advertorial

Kepala Kemenag Wajo Akui Sudah Lakukan Pungli BOP

Daerah

Pemerintah dan Forkopimda Siaga di Lokasi Bencana

Daerah

DPRD Sinjai Gelar Rapat Gabungan Komisi, Bahas Pelaksanaan Pilkades Serentak