Home / Daerah

Senin, 17 Mei 2021 - 16:47 WIB

Miris Jalan Poros Apala-Amessangeng-Sugiale Tak Pernah Tersentuh Pemerintah

RAKYATSATU.COM, BONE – Kondisi jalan yang terletak di Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, yakni jalan poros Apala-Amessangeng-Sugiale yang menghubungkan dengan Desa Sugiale Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, miris dan memperihatinkan.

 

Pasalnya, jalanan yang panjangnya sekira 7 kilometer tersebut tak pernah tersentuh bantuan pemerintah padahal itu merupakan jalan poros.

 

Apalagi warga yang berdiam di sepanjang jalan itu merupakan salah satu penyumbang pangan padi di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

 

Padahal kondisi jalan Apala-Amessangeng-Sugiale sungguh memperihatinkan sebab becek jika musim hujan karena jalanan tersebut hanya selalu dikerja secara swadaya oleh masyarakat sehingga masih dapat dilewati kendaraan hingga saat ini. Kondisi jalanan hanya bercampur tanah dan batu serta sedikit berpasir.

 

Salah seorang warga yang juga tokoh masyarakat Lingkungan Amessangeng Kelurahan Apala, H Masri menuturkan, bahwa jalanan yang menghubungkan Kelurahan Apala dan Desa Sugiale tersebut tidak pernah mendapat bantuan pemerintah, terlebih di aspal.

 

Jalan Apala-Amessangeng-Sugiale yang sungguh memperihatinkan

“Sejak zaman penjajahan hingga saat ini jalanan kami tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Dari zaman kolonial penjajahan hingga saat ini, jalanan kami tidak pernah diaspal. Andaikan tidak ada swadaya masyarakat, maka jalanan tersebut sudah pasti tidak bisami lagi dilewati kendaraan,” jelas H Masri, Senin (17/5/2021).

 

Bahkan menurutnya lagi, jalanan tersebut selalu diusulkan setiap pelaksanaan Musrenbang untuk diaspal tetapi hasilnya tetap nihil hingga saat ini. Padahal, kata dia, sewaktu pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2018 lalu, salah seorang saudara Plt Gubernur Sulawesi Selatan saat ini, yakni Andi Asman Sulaiman pernah berjanji bahwa jika kelak saudaranya (Andi Sudirman Sulaiman) terpilih menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Selatan maka jalan Apala-Amessangeng-Sugiale akan diaspal.

 

“Waktu itu Pilgub Sulsel 2018, Andi Sudirman Sulaiman maju sebagai Cawagub berpasangan pak Professor Doktor H Nurdin Abdullah dan kakaknya Andi Asman Sulaiman (sekarang Kadis Ketapang Bone) berjanji jika saudaranya terpilih maka jalanan Apala-Amessangeng-Sugiale diaspal, tapi mana buktinya. Sekarang Andi Sudirman Sulaiman malah sudah jadi Plt Gubernur Sulsel, jalanan kami masih begini,” tutur H Masri.

 

“Andi Asman Sulaiman juga pernah mengatakan bahwa ia tidak akan meninggalkan Kecamatan Barebbo sebelum melihat jalanan Apala-Amessangeng-Sugiale hitam (diaspal),” tambahnya.

 

Lanjutnya, jangankan untuk diaspal, jalanan tersebut tidak ada dalam daftar Dinas PU Kabupaten Bone untuk pengusulan pengaspalan.

 

“Hal itu kami ketahui setelah Lurah Apala mengecek di Dinas PU Kabupaten Bone,” ujarnya.

 

“Petta Camat (Camat Barebbo Andi Ikbal) bilang, bahwa sudah diusulkan di Dinas PU Kabupaten Bone untuk di aspal tetapi nyatanya tidak ada. Itu kami ketahui setelah pak lurah (Lurah Apala Sainal Abidin) mengecek di Dinas PU Kabupaten Bone,” ujar H Masri.

 

Hal senada diungkapkan Kepala Lingkungan Amessangeng Kelurahan Apala, Syarman. Menurutnya, dirinya dan masyarakat khususnya masyarakat Lingkungan Amessangeng menjadi korban janji politik pada Pilgub Sulsel 2018 lalu.

 

“Sewaktu Pilgub 2018, Andi Asman Sulaiman yang menjadi Camat Barebbo (saudara kandung Plt Gubernur Sulsel) dan menjanjikan akan diaspal jalanan kami. Biarlah itu menjadi pengalaman bagi saya dan warga, kini kami mengharapkan pemerintah khususnya pihak terkait untuk mengaspal jalanan kami agar hasil panen kami dapat cepat terdistribusi di saat mau dijual,” harap Syarman.

 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas PU Kabupaten Bone, H Jibang saat ditemui mengakui bahwa jalan Apala-Amessangeng-Sugiale tidak ada dalam daftar pengusulan pengaspalan.

 

“Jalan Apala-Amessangeng-Sugiale tidak ada dalam daftar pengusulan pengaspalan, justru yang ada dalam daftar yakni jalan Apala-Kampuno,” ujar H Jibang.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Andi Tenri Lengka Meninggal, Bupati dan Wabup Wajo Kehilangan Sosok Bersahaja

Daerah

Awal 2022, Masjid At-Taubah Salurkan Santunan Untuk Anak Yatim di Wajo

Daerah

Petugas Gizi di Sinjai Ikuti Penguatan Manajemen Pencegahan Stunting

Daerah

Muscab Pemuda Pencasila, Kaswadi : Pancasila Mempunyai Makna Yang Luar Biasa

Daerah

Danyon C Ikuti Acara Tradisi HUT Korps Brimob Polri Di Mako Gegana

Daerah

Selama Cuti Bersama, Pelayanan di RSUD Sinjai Tetap Terbuka

Sinjai

Kapolda Sulsel Canangkan Vaksinasi Untuk Anak di Sinjai

Daerah

Begini Cara Danyon C Pelopor Latkatpuan Assessor di Saat Tugas Kemanusiaan di Sulbar