Masyarakat Kelurahan Apala Bisa Nyaman Berkat Peran Babinkamtibmas dan Babinsa

Babinkamtibmas Polsek Barebbo Briptu Kiki Asriani dan Babinsa Koramil 1407-11/Barebbo bersama Lurah Apala saat meninjau pengukuran tanah persawahan

RAKYATSATU.COM, BONE – Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone yang terletak di Jalan Poros Bone-Sinjai Km 9 terus dalam suasana kondusif, tertib dan aman. Hal ini membuat masyarakatnya merasa nyaman dalam melakukan aktifitasnya.

Kondisi tersebut tak mungkin terwujud tanpa peran dari beberapa elemen, diantaranya, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa/Kelurahan (Babinsa).

Bahkan peran keduanya (Babinkamtibmas dan Babinsa) boleh dikatakan sangat vital dalam menjaga suasana terus kondusif. Sebagaimana dikemukakan Lurah Apala, Sainal Abidin.

“Kehadiran Babinkamtibmas dan Babinsa sangat membantu pemerintah dalam segala hal, bukan hanya keamanan dan ketertiban tetapi dalam segala bidang. Mereka itu memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Jika daerah tidak kondusif tentu masyarakat tak bisa bekerja dengan nyaman,” jelas Sainal Abidin, Rabu (17/2/2021).

“Sebagai pemerintah setempat (Kelurahan Apala) saya sangat berterimakasih kepada Kapolsek Barebbo dan Danramil 11-1407/Barebbo, terkhusus ke Babinkamtibmas dan Babinsa yang selalu mendampingi di tengah-tengah masyarakat,” tambah Sainal Abidin.

Babinkamtibmas Kelurahan Apala Polsek Barebbo, Briptu Kiki Asriani yang ditemui Rakyatsatu.com di tengah-tengah kesibukannya menjalankan tugasnya sebagai Babinkamtibmas mengatakan, apa yang ia laksanakan sudah merupakan tugas pokok dan kewajibannya sebagai Polisi yang harus mengayomi masyarakat dan membantu pemerintah.

“Sebagai anggota Polri sudah jelas tanggungjawab dan tufoksinya. Saya hanya menjalankan tugas dan kewajiban saya dengan tulus dan ikhlas demi masyarakat,” ujar Briptu Kiki Asriani.

Hal senada diungkapkan Babinsa Kelurahan Apala Koramil 1407-11/Barebbo, Serka Maman Suriyaman. Ia mengakui pula bahwa sebagai seorang Prajurit TNI AD harus memiliki sikap, watak dan karakter seorang prajurit teritorial yang diimplementasikan dalam bentuk kinerja terbaik untuk masyarakat sekitar wilayah binaannya, sesuai dengan harapan pimpinan TNI AD,” ujar Serka Maman Suriyaman.

“Apa yang saya lakukan dan perbuat semata-mata demi tanggungjawab saya sebagai prajurit TNI AD yang harus mempedomani dan melaksanakannya tugas dari pimpinan/komandan, untuk membentuk watak dan karakter seorang prajurit teritorial, sehingga dapat diimplementasikan dalam bentuk kinerja terbaik untuk masyarakat sekitar wilayah binaan saya, sesuai dengan harapan pimpinan TNI AD,” ujar Serka Maman Suriyaman.

Sementara itu Danramil 1407-11/Barebbo Kapten E Sulistyono, mengatakan kalau dirinya selalu mengingatkan dan menghimbau ke para Babinsa agar betul-betul memahami dan mampu mengamalkan atau mengimplementasikan dengan baik di wilayah binaan nantinya.

Ia menambahkan agar dalam hal pelaksanaan tugas-tugas teritorial di wilayah pertahanan khususnya di darat agar Babinsa dapat lebih berperan aktif untuk membantu penyelenggaraan dan fungsi pemerintah di daerah dalam rangka mendukung terciptanya percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan yang timbul sehingga dapat memelihara stabilitas keamanan wilayah.

Sedangkan Kapolsek Barebbo Polres Bone Iptu Irwandi mengatakan, bahwa Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Lanjutnya, berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

“Sedangkan menurut Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polisi Masyarakat,” pungkasnya.