Lebarkan Sayap, Helicap Jalin Kerjasama dengan Credit Saison Group

David Z Wang, Co-Founder dan CEO Helicap dan Kosuke Mori, Managing Executive Officer & Head of Global Business di Credit Saison group

RAKYASTATU.COM, JAKARTA – Serusahaan fintech yang memberikan layanan pinjaman alternatif di Asia Tenggara, Helicap, hari ini secara resmi mengumumkan kemitraan dengan salah satu penyedia layanan keuangan Jepang Credit Saison Group, sebuah perusahaan modal ventura yang menjadi anak perusahaan dari Credit Saison.

Pada kerjasama itu, Credit Saison Group akan mengucurkan USD 10 Juta untuk percontohan impact debt financing yang berfokus pada pemberian layanan pinjaman alternatif bagi individu dan badan usaha di kawasan Asia Tenggara, yang umumnya kurang mendapatkan akses layanan finansial. 

Dengan memanfaatkan kehadiran dan sumber daya Credit Saison Group di Asia Tenggara, serta didukung dengan kemampuan FinTech Helicap Group dalam melakukan investasi di beberapa platform penyedia layanan pinjaman alternatif, kemitraan ini dipercaya mampu membantu meningkatkan keuangan inklusi di kawasan ini.

“Kerjasama dengan Credit Saison Group, salah satu perusahaan layanan keuangan terkemuka di Asia, akan memberikan dampak yang signifikan terutama bagi peminjam berpenghasilan rendah dan pelaku usaha mikro yang ada di Vietnam dan Indonesia. Kami sangat senang menyaksikan teknologi layanan pinjaman alternatif kami dapat dimanfaatkan untuk menyediakan akses kredit yang berkelanjutan bagi para individu dan badan usaha di Asia Tenggara yang kurang terlayani secara finansial,” ucap David Z Wang, Co-Founder dan CEO Helicap.

Dijelaskan dia, dui coba program pembiayaan ini akan dilakukan dengan memanfaatkan jaringan peminjam lokal yang dimiliki oleh Credit Saison Group di kawasan Asia Tenggara, serta didukung dengan mesin analitik kredit milik Helicap Group, yang mampu memproses secara kilat data para peminjam dalam jumlah besar yang masih mentah dan tidak terstruktur. Mesin analitik tersebut mampu menyajikan insight kredit secara transparan beserta portofolio rinci pinjaman yang diberikan oleh para pengelola pinjaman alternatif.

Digunakan sejak tahun 2019 oleh anak perusahaan Helicap di sektor pengelolaan dana, teknologi ini menurut dia, dapat menganalisa, menyusun, dan memonitor berbagai portofolio peminjam alternatif.

Tim Teknologi Helicap yang dipimpin oleh mantan insinyur Goldman Sachs, terus melanjutkan pengembangan mesin analitik kredit Helicap, yang saat ini sedang dalam tahap penambahan fitur Artificial Intelligence & Machine Learning. Fitur baru ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan analitik prediktif platform tersebut. 

“Algoritma yang dimiliki teknologi ini diyakini akan membantu mencapai peningkatan volume investasi untuk melayani 300 juta UMKM dan individu di kawasan Asia Tenggara yang tidak memperoleh akses layanan Bank, sebagaimana telah ditargetkan oleh Credit Saison Group dan Helicap, beserta para mitra dan investornya lainnya,” terangnya.

“Helicap telah menginvestasikan dan mengembangkan teknologi miliknya untuk menyajikan analisa dan informasi dalam hal pinjaman pribadi,” ucap Kosuke Mori, Managing Executive Officer & Head of Global Business di Credit Saison group. 

“Lebih lanjut, pemahaman yang mendalam dan keahlian yang dimiliki oleh tim Helicap membuat kami tertarik berkolaborasi dengan mereka dalam peluncuran uji coba penyaluran kredit ini,” kuncinya. (Rls)