BPJS Kesehatan KC Watampone Adakan Kegiatan Rekredensialing Secara Online

RAKYATSATU.COM, BONE – Dalam rangka memperoleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang memenuhi kesesuaian kriteria sarana, prasarana dan sumber daya manusia sebagai dasar kerja sama pelayanan terhadap peserta JKN, memastikan komitmen FKTP untuk melaksanakan standar pelayanan medik maupun non medik, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone mengadakan kegiatan Rekredensialing yang dilakukan secara Online kepada FKTP pada Rabu (16/12/2020).

“Rekredensialing FKTP untuk perpanjangan kerja sama FKTP tahun 2021 dapat dilakukan secara langsung/kunjungan lapangan dengan memperhatikan protokol covid dan dapat dilakukan secara online untuk keamanan petugas dengan mengurangi kontak langsung,” tutur Kamaluddin Fakih, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer.

Kamaluddin juga menambahkan bahwa saat ini jumlah FKTP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone yaitu sejumlah 140 FKTP yang tersebar mulai dari wilayah Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai. Menjelang akhir tahun 2020, beberapa FKTP telah mengajukan untuk perpanjangan kerjasama dengan BPJS Kesehatan dan salah satu persyaratan bagi FKTP yang telah bekerja sama adalah dilakukan penilaian kembali terhadap pemenuhan persyaratan dan kelengkapan sarana prasarana yang telah ditentukan serta komitmen FKTP.

Kriteria penilaian meliputi Kriteria administratif dan persyaratan teknis. Dalam menetapkan pilihan Fasilitas Kesehatan, BPJS Kesehatan melakukan kredensialing dengan menggunakan kriteria teknis yang meliputi : sumber daya manusia (meliputi ketenagaan, pengalaman kerja sama dengan asuransi, penghargaan/ prestasi/ pengakuan profesionalisme termasuk sertifikat mutu yang dimiliki), kelengkapan sarana dan prasarana (meliputi : bangunan, jumlah tempat tidur, perlengkapan penunjang administrasi, ruangan penunjang klinik).

Lingkup pelayanan dan komitmen pelayanan (meliputi penggunaan Sistem Informasi Manajemen BPJS, memberikan pelayanan sesuai panduan klinis, menggunakan Formularium Nasional, melaksanakan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan, melaksanakan Program Rujuk Balik ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, mendukung seluruh program pelayanan kesehatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan.

“Kami bersama staf Puskesmas Belawa menyampaikan terima kasih banyak atas semua masukan dari Tim Kredensialing BPJS Kesehatan dan kami akan berkomitmen untuk pemenuhan persyaratan sebagai FKTP yang selama ini telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” jelas drg. Suhada T. M.Kes, Kepala Puskesmas Belawa Kabupaten Wajo saat sesi tanya jawab secara online pada kegiatan tersebut. (Rasul)