Home / Daerah / Olahraga / Soppeng

Jumat, 16 September 2022 - 13:06 WIB

Kekompakan OPD Soppeng Bakal Dinilai di Arena Paintball

Salah satu Peserta olahraga Paintball saat mengikuti permainan di arena paintball Malaka/ Foto : Dok. Paintball Malaka

Salah satu Peserta olahraga Paintball saat mengikuti permainan di arena paintball Malaka/ Foto : Dok. Paintball Malaka

RAKATSATU.COM, SOPPENG – Para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Soppeng bakal adu startegi dan kekompakan di arena paintball Malaka, Jumat (16/9/2022).

Seluruh OPD tingkat Kabupaten Soppeng, bakal mengikuti kompetisi itu selama dua hari Sabtu-Minggu (17-18/9/2022) besok.

Ketua panitia pelaksana, Ir Erman Asnawi mengatakan, kegiatan paintball ini untuk meningkatkan sinergitas antar OPD lingkup Pemkab Soppeng.

Kata dia, sebanyak 32 tim akan melakukan pertandingan dengan sistem gugur nantinya.

“Jadi masing-masing tim bertanding dengan 7 pemain, terdiri dari pejabat dan PNS di lingkungan kerja masing-masing dan dipimpin langsung oleh kepala dinas atau pimpinan unit kerjanya,” kata Erman yang juga Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan dan Perikanan Kabupaten Soppeng.

Paintball yang merupakan hal baru di Soppeng menurut dia, menjadi ajang menjaga kebugaran, mengasah fikiran, fokus cepat, dan tanggap.

“Yang terpeing ialah ajang silaturahmi sesama SKPD untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas, serta yang tidak kalah pentingnya adalah menjalin kekompakan dan adu strategi masing-masing tim,” terangnya.

Dikutip dari C-Rafting, Panintball pertama kali ditemukan sekitar tahun 1960-an oleh Charles Nelson dari Nelson Paint Company. Awalnya pistol yang digunakan dalam permainan itu bukan ditujukan untuk manusia. Cat air yang ditembak dari senjata itu sebenarnya dibuat untuk menandai pohon yang hendak ditebang.

Sementara bagi peternak, cat air dari senapan justru ditujukan untuk menandai ternak saat menunggang kuda. Atau dipakai pula untuk menandai barang-barang dari kejauhan. Cat yang dipakai sebagai penanda itu menggunakan fill yang berbasis minyak supaya tidak mudah luntur.

Cat dimasukkan ke dalam cangkang gelatin hingga membentuk bola. Bola-bola cat itu lantas ditembakkan dengan pistol CO2 khusus. Kejadian-kejadian inilah yang menjadikan senjata penembak cat dalam permainan ini dinamakan sebagai paintball marker.

BACA JUGA :  Kategori Baik Sistem Merit, KASN Beri Penghargaan Pemkab Wajo

Permainan paintball pertama dilakukan pada 27 Juni 1981 di kawasan hutan kayu di New Hampshire, London. Dalam permainan tersebut, ada 12 orang pemain yang berasal dari berbagai latar belakang berbeda. Salah seorang pemain bernama Bob Gurnsey yang pertama kali membuat aturan mainnya. [Ikhlas/Yudha]

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Sinjai Terbaik Kedua Penyusunan Roadmap Digitalisasi Daerah

Bone

Gelar Syukuran, Ini Capaian Kinerja Terbaik Baznas

Daerah

Wabup Maros Buka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Daerah

Bupati ASA Apresiasi Perkembangan Status Desa di Sinjai

Advertorial

Safaruddin Sebut Vaksinasi Tahap Kedua Sasar Pelayan Publik

Daerah

Andi Seto Pimpin Pelantikan 141 Pejabat Lingkup Pemkab Sinjai

Daerah

Serahkan APBD 2023, Andi Kaswadi : Rancangan APBD Tersulit

Daerah

Pertama Kali di Sulsel, Maros Bayarkan THR ASN Maros