Home / Daerah

Kamis, 16 September 2021 - 13:12 WIB

Pemkab Sinjai Fokus Jalankan Program Sentra Industri

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sinjai, Muh. Saleh mengatakan, terdapat beberapa pembangunan di daerah yang telah dilakukan, sebagai upaya mendukung program Bupati Sinjai, utamanya dalam skala pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Sinjai.

Muh. Saleh mengatakan, program pembangunan khusus untuk tahun anggaran 2021, secara keseluruhan pembangunan fisik untuk mendukung program Bupati terkait UKM, pihaknya telah membangun sentra industri.

“Kami telah membangun sentra industri, berupa pengolahan hasil peternakan, sentra industri logam, dan sebelumnya sentra industri hasil perikanan,” jelas Muh. Saleh, di Wisma Sanjaya Sinjai, Rabu (15/09/2021).

Ia menambahkan, sentra industri pengolahan hasil peternakan ini, nantinya berbagai macam olahan produk yang akan diolah, dari daging sapi juga daging ayam.

“Di dalam sentra ini, terdapat 20 kelompok. Satu kelompok terdiri atas 10 orang, sehingga secara keseluruhan terdapat 200 pelaku usaha yang direlokasi ke sentra ini,” tuturnya.

Sedangkan untuk sentra logam, dikhususkan bagi pekerja industri pandai besi seperti, cangkul, parang dan lain-lain.

Adapun, untuk sentra logam ini kurang lebih terdapat 10 kelompok, setiap kelompok terdiri atas lima orang, sehingga secara keseluruhan terdapat 50 pelaku usaha.

“Ini merupakan salah satu pembangunan yang kami lakukan pada tahun ini 2021. Pembangunan tersebut, bertujuan untuk mendukung program Bupati terkait penyediaan untuk wirausaha baru,” ucapnya.

Muh. Saleh mengungkapkan, program pembangunan ini terus didukung oleh pemerintah, lantaran dengan program tersebut dapat menumbuh kembangkan wirausaha baru.

“Dengan adanya pembangunan dua sentra industri ini, nantinya terdapat 250 pekerja UKM khusus untuk perindustrian, yang akan dilibatkan dalam sentra tersebut, belum lagi pada SKPD teknis lainnya,” ujarnya.

Lanjut dia, selain disediakan sentra industri, tentu UKM ini juga mendapatkan pendampingan juga pelatihan, terkait bagaimana menjaga kualitas dan konsistensi produk yang dibuat.

“Tahun ini sentra tersebut sudah dibangun. Insya Allah tahun 2022 sudah dapat dioperasikan,” sebutnya.

Selain itu Ia juga menuturkan, program yang dicanangkan Disperindag untuk tahun 2022 ke depan, tetap akan melakukan pembinaan bagi pelaku UKM itu salah satunya.

Apalagi ucap Muh. Saleh, tentunya Disperindag hadir, tidak lain untuk selalu melakukan pembinaan. Di tengah banyaknya wirausaha baru yang bermunculan.

“Tugas kami, itu melakukan pembimbingan, pengawasan sekaligus bagaimana melakukan pendampingan, dengan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah pusat.

Tahun ini 2021, Pemprov telah memberikan bantuan berupa peralatan untuk bagi pelaku usaha rumahan berupa produk handmade.

“Tahun ini, kami juga mendapat bantuan untuk pelaku usaha rumahan, berupa mesin. Sehingga, yang tadinya konvensional menjadi semi modern,” ungkapnya

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Intruksikan Penjemputan Dua Warga Sinjai yang Dideportasi

Daerah

LAN Giving Moment, Bupati : Sebuah Kehormatan dan Kebanggaan

Daerah

Masa Jabatan Habis, 47 Kades di Sinjai Terima SK Pemberhentian

Daerah

Petugas Layanan Publik di Sinjai Terima Dosis Kedua Vaksin Covid-19

Daerah

Layanan di Puskesmas Balangnipa Ditutup Sementara

Daerah

Komisi I DPRD Sinjai Rapat Kerja Terkait Kerjasama Pemkab dan Baznas

Daerah

Pengurus Koni Maros Adakan Rapat Pleno, Ini yang Dibahas

Daerah

Rakor Intruksi Mendagri, Ini yang Disampaikan Mappahakkang