Home / Daerah

Senin, 16 Agustus 2021 - 20:47 WIB

Bupati Chaidir Syam Kukuhkan Anggota Paskibraka Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS – Menyambut HUT RI ke-76 Bupati Maros HAS Chaidir Syam mengukuhkan 19 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Maros tahun 2021. Acara tersebut digelar di ruang pola kantor Bupati Maros, Senin (16/08/2021).

Upacara pengukuhan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Dalam upacara tersebut, HAS Chaidir Syam bertindak sebagai pembina upacara. Sedangkan, pemimpin upacara merupakan anggota Paskibraka 2021 atas nama Muh Habib Alfurqan Hatta.

Acara pengukuhan yang berlangsung soreh ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari, Ketua DPRD Kabupaten Maros Andi Patarai Amir, jajaran unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, serta para orang tua anggota paskibra.

Memimpin upacara pengukuhan, Habib juga mewakili rekan-rekannya untuk memegang bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar. Sebagai rangkaian dalam pengukuhan, dilakukan juga pemasangan kendit secara simbolis oleh Bupati Maros kepada pemimpin upacara.

Bupati Maros HAS Chaidir Syam mengungkap, pengukuhan mengandung arti yang besar bagi para anggota, ini sebagai bentuk pernyataan bahwa ananda yang dikukuhkan memenuhi syarat, layak, dan memperoleh kepercayaan untuk menjadi anggota Paskibra.

Foto bersama Bupat, Wakil Bupati, Fokopimda maros bersama anggota Paskibraka

“Ini adalah tugas mulia untuk turut andil dalam puncak acara peringatan detik-detik proklamasi,” ungkap Chaidir.

Prosesi pengibaran dihari peringatan kemerdekaan membutuhkan kesiapan mental dan fisik. Meskipun begitu, Chaidir optimis anggota Paskibra yang dikukuhkan hari ini akan mampu menjalankan tugas dengan baik.

Menjadi anggota Paskibraka merupakan kehormatan sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri. Tidak semua anak mendapatkan kesempatan mengibarkan bendera merah putih pada moment perayaan HUT RI.

Sebanyak 19 anggota paskibra ungkap Chaidir yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Maros merupakan putra putri terbaik. Kesemua anggota ini telah menjalankan pendidikan dan pelatihan untuk memantapkan ketahanan fisik, maupun kesiapan mental.

Memotivasi para anggota, Chaidir menyampaikan pada seluruh apnggota untuk menyadari bahwa yang menjadi bintang dari segala bintang pada upacara perayaan detik-detik proklamasi ke-76 adalah kalian semua. Semua pandangan mata akan tertuju pada kalian para Paskibra.

Sesuai ikrar yang telah diucapkan dalam prosesi pengukuhan, misi paskibra tidak boleh berhenti pada momentum peringatan. Chaidir berharap, jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan dapat terus berlanjut dan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“sebagai putra-putri pilihan ananda harus memberi energi positif bagi generasi muda lainnya. Terus implementasi prilakunya baik bagi keluarga dan masyarakat,” tutur Chaidir.

Share :

Baca Juga

Daerah

Dinilai Berhasil Dorong Koperasi, Bupati Sinjai Toreh Prestasi Nasional

Daerah

DPKHP Gelar Pelatihan Tematik Peternakan

Daerah

Peduli Sesama di Masa Pandemi, Batalyon C Pelopor Sumbang Darah ke PMI Bone

Daerah

Batalyon C Pelopor Siap Amankan Perayaan Idul Fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Al-Masih

Daerah

Kuota PPPK Guru PAI di Sinjai Tidak Ada, Guru Honorer Aspirasi ke DPRD

Daerah

Musrenbang Tingkat Provinsi, Bupati Harap Aspirasi Masyarkat Sinjai Diserap

Daerah

Anggota Batalyon C Pelopor Ini Dipecat Akibat Disersi

Bone

LMRI RI Bone Soroti Kasatpol PP Bone Terkait Penolakan Linmas Pilkades Serentak