Home / Daerah

Jumat, 16 Juli 2021 - 13:03 WIB

Fasilitas Dijamin, Rumah Singgah Pemkab Sinjai Bantu Warga Kurang Mampu

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Program unggulan Rumah Singgah Pasien yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) telah memasuki tahun ketiga.

Rumah Singgah yang beralamat di Kompleks BTN Wesabbe Blok C Nomor 53 dan nomor 54, itu diperuntukkan untuk warga asal Kabupaten Sinjai yang sedang sakit dan sedang melakukan pengobatan di Rumah Sakit (RS) di Kota Makassar.

Tak tanggung-tanggung, fasilitas yang disiapkan bagi pasien dan keluarga pasien itu ternyata gratis. Pasien dan keluarganya tanpa perlu lagi mencari penginapan berbayar selama menjalani pengobatan di Kota Makassar.

Salah satu perawat rumah singgah, Andi Dewi Purnama Yusuf, menjelaskan, penyediaan sarana dan prasarana berupa fasilitas bagi pasien terus dimanfaatkan oleh warga asal Kabupaten Sinjai.

Selain fasilitas rumah, komsumsi pasien beserta dua pendamping pasien yang menggunakan rumah singgah ditanggung pemerintah.

“Mulai kamar dan fasilitas lainnya terbilang lengkap pak, termasuk makan ditanggung 3 x sehari,” ungkap Andi Dewi, Kamis (15/7/2021).

Tidak hanya itu, petugas kesehatan yang siaga selama 24 jam, akomodasi hingga alat transportasi berupa mobil ambulans disiapkan untuk mengantar pasien dan keluarganya menuju rumah sakit rujukan.

“Jadi semuanya ditanggung pak, termasuk makannya. Begitupun dengan pendampingan selama pengobatan ke rumah sakit juga diantar pakai ambulans yang memang telah disiapkan,” jelasnya.

Program rumah singgah pasien sendiri merupakan program layanan Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda Plus melalui penyediaan sarana dan prasarana berupa fasilitas akomodasi.

Hal ini dilakukan Bupati ASA tidak lain untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi pasien miskin atau kurang mampu di daerah yang dirujuk ke rumah sakit rujukan tingkat lanjut. Juga untuk mendekatkan akses dan mencegah terjadinya keterlambatan penanganan pada pasien rujukan.

BACA JUGA :  Vaksinasi Covid-19 di Toraja Utara, Begini Himbauan Binda Sulsel

“Dengan hadirnya rumah singgah ini kami berharap keluarga pasien tidak lagi mengeluhkan permasalahan biaya karena Pemda sudah menyiapkan rumah singgah yang dekat dengan akses Rumah Sakit rujukan. Mudah-mudahan warga bisa memanfaatkan fasilitas kita ini,” harap Bupati ASA.

Share :

Baca Juga

Daerah

Ketua Koni Dampingi Bupati Resmikan GOR Bulutangkis Terbesar di Maros

Daerah

Berkesempatan Go Internasional, FKS Wajo Harapkan Persiapan Terbaik dalam Penilaian KKS

Daerah

Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Diharap Tidak Sekadar Seremoni

Bone

Danrem 141/Tp Pantau Langsung Penerimaan Calon Taruna Akmil Sub Panda Bone

Daerah

Peduli Sesama, Komandan Brimob Bone Borong Jualan Seorang Nenek Pedagang Keliling

Sinjai

Reses di Bonto Salama, Legislator DPRD Sinjai : Kita Akan Masukkan Dalam Pokir

Daerah

Disdik Sinjai Tunggu Intruksi Mendikbud Soal Sekolah Tatap Muka

Advertorial

Andi Seto Serahkan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2022 ke DPRD