Home / Headline / Politik

Jumat, 15 Juli 2022 - 18:59 WIB

Charta Politika Rilis Hasil Survei Prabowo dan Ganjar di Jateng-Jatim, Begini Hasilnya

Survei terbaru Charta Politika menunjukkan Ganjar Pranowo unggul di Jateng dan Jatim, sementara Prabowo Subianto unggul di Jabar. (AP/CNN Indonesia)

Survei terbaru Charta Politika menunjukkan Ganjar Pranowo unggul di Jateng dan Jatim, sementara Prabowo Subianto unggul di Jabar. (AP/CNN Indonesia)

RAKYATSATU.COM – Hasil survei Charta Politika menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) 2024 di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur berada di bawah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Hal itu merupakan hasil survei Charta Politik di tiga provinsi yaitu Jateng, Jatim, dan Jawa Barat dengan jumlah sampel sebanyak 1,200 responden per provinsi pada 24 hingga 30 Juni 2022.

Margin of error dalam survei yang dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dan metodologi multistage random sampling sekitar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari hasil survei itu, elektabilitas Prabowo di Jateng berada di urutan dua sebesar 7,6 persen, sedangkan Ganjar ada di posisi puncak dengan 71,5 persen.

Sementara di Jatim, elektabilitas Prabowo berada di peringkat empat dengan angka 15 persen. Adapun Ganjar di Jatim menempati posisi pertama di Jatim, dengan elektabilitas 31,8 persen.

“Pada simulasi 10 nama, Ganjar 71,5 persen menjadi pilihan tertinggi responden di Jateng, jauh di atas nama- nama lainnya,” demikian hasil survei Charta Politik dalam dokumen yang diberikan Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Kamis (14/7).

Pada simulasi 10 nama, Ganjar mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh [Gubernur DKI Jakarta] Anies Baswedan, [Gubernur Jatim] Khofifah Indar Parawansa, dan Prabowo.

Berbeda dengan hasil di Jateng dan Jatim, Prabowo bertengger di peringkat pertama di hasil survei di Jabar dengan elektabilitas sebesar 26,9 persen. Ia mengungguli Ganjar dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil.

“Ganjar 22 persen, Emil 19,5 persen,” ucap Yunarto.

Terkait pilihan bakal cawapres, Menparekraf Sandiaga Uno menjadi pilihan tertinggi responden di Jateng. Di bawah Sandi mengingkuti Menteri BUMN Erick Thohir, Emil, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Sandi 19,8 persen, Erick 12,5 persen, dan Emil 11,9 persen,” demikian hasil survei Charta Politika di Jateng.

Kemudian di Jatim, Khofifah menjadi bakal cawapres dengan elektabilitas tertinggi, diikuti Sandi, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Khofifah 28,8 persen, Sandi 14,4 persen, dan Puan 11,2 persen,” demikian hasil survei Charta Politika di Jatim.

Sementara di Jabar, Emil menjadi cawapres pilihan tertinggi responden. Emil jauh berada di atas nama-nama lainnya, seperti Sandi, AHY, serta Erick.

“Emil 38 persen Sandi 18,7 persen, AHY 9,1 persen,” demikian hasil survei Charta Politika di Jabar.

Pada survei politik terbaru dari lembaga lain, Ganjar pun unggul atas Prabowo. Dalam hasil survei Parameter Politik Indonesia, untuk kategori berbasis pertanyaan terbuka terhadap responden, elektabilitas Ganjar sebesar 25,4 persen. Mengungguli Prabowo 19 persen.

Di urutan berikutnya ada Anies dengan 17,8 persen, Emil 7,9 persen, dan AHY 3,4 persen.

Lalu Sandi 2,9 persen, politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 2,6 persen, serta Mensos Tri Rismaharini 1,5 persen. Tokoh lainnya memiliki elektabilitas di bawah 1 persen.

Ganjar pun memiliki elektabilitas tertinggi dalam kategori berbasis pertanyaan tertutup 14 nama tokoh. Elektabilitas Ganjar sebesar 26,8 persen, mengungguli Prabowo 21,4 persen dan Anies 17,8 persen.

Begitu pun dalam kategori berbasis pertanyaan tertutup 10 nama tokoh. Elektabilitas Ganjar mencapai 27,9 persen. Diikuti Prabowo 22,7 persen dan Anies 18 persen.

Dalam kategori berbasis pertanyaan tertutup tiga nama, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 32,2 persen. Sementara itu, elektabilitas Prabowo 26,4 persen dan Anies 22,3 persen.

“Ganjar sementara ini mendapat dukungan tertinggi pada skenario elektabilitas terbuka, elektabilitas 14 nama, 10 nama, 7 nama, 5 nama dan 3 nama,” kata Direktur Eksekutif Adi Prayitno, Selasa (12/7).

Sementara itu di lembaga lain, Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang dirilis Jumat (8/7) menunjukkan Prabowo memuncaki tingkat keterpilihan dalam survei capres. Pada survei itu, Prabowo mengungguli dua nama potensial lain, Anies dan Ganjar. Dalam sebuah pertanyaan tertutup, Prabowo dipilih 29,3 persen responden jika Pilpres digelar saat ini. [CNNIndonesia.com]

Share :

Baca Juga

Headline

Pesawat Sipil Asing Dipaksa Turun TNI AU

Daerah

Bawaslu Soppeng Lakukan Sosialisasi Rekrutmen Panwascam

Bone

AAP Ajak Petani di Bone Garap Perkebunan Sawit

Daerah

Kader PKS dan Mahasiswa Pangkep Turun Jalan, Tolak Kenaikan BBM

Headline

Petugas Gabungan Swiss Sisir Sungai Aare Cari Anak Ridwan Kamil

Ekobis

BBM Subsidi Bakal Naik, AYP : Ini Sangat Memberatkan Masyarakat

Bone

WIB Nilai Partai Nasdem Tidak Bijak, Ini Tanggapan Mantan Ketua Fraksi Nasdem

Politik

Reses di Belo, Supriansa Kenang Perjuangan di Kompetisi Pilcaleg