Home / Daerah

Selasa, 15 Juni 2021 - 17:24 WIB

Tahun 2021, Kabupaten Sinjai Kembali Terima Bantuan di Sektor Pertanian

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai areal pertanian yang cukup luas, Kabupaten Sinjai menjadi salah satu daerah yang menerima bantuan pemerintah pusat dalam bidang pertanian.

Khusus tahun 2021 ini, daerah dengan julukan Bumi Panrita Kitta akan mendapat berbagai paket bantuan dari Kementerian Pertanian untuk peningkatan produksi produktivitas dan mutu hasil tanaman.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikuktura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, Kamaruddin menyampaikan, untuk bantuan program peningkatan produksi produktivitas dan mutu hasil tanaman dari dana tugas Perbantuan tahun 2021 ini, Sinjai akan mendapatkan bantuan benih padi seluas 1.500 hektar dan benih jagung 1.000 hektar.

Selain itu untuk komoditi hortikultura, petani di Sinjai juga akan mendapatkan sejumlah bantuan dari Kementerian Pertanian RI seperti bibit pohon durian seluas 60 hektar untuk kelompok tani di Kecamatan Tellulimpoe.

Selanjutnya, bibit buah manggis dengan luas 20 hektar yang diperuntukan petani di Kecamatan Sinjai Borong, cabe rawit 25 hektar untuk tiga Kecanatan di Sinjai.

“Untuk bantuan cabe rawit ini rencananya kita akan berikan 10 hektar untuk petani kita di Kecamatan Sinjai Tengah, 10 hektar untuk petani di Kecamatan Bukupoddo dan 5 hektar di Kecamatan Sinjai Borong,” jelasnya, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (15/6/2021).

Selain itu, bantuan bibit kentang seluas 10 hektar di Kecamatan Sinjai Barat, serta bawang merah 15 hektar dan bawang putih 10 hektar juga untuk petani kita di Kecamatan Sinjai Barat.

“Jadi bantuan komoditi ini berdasarkan potensi lahan yang ada di wilayah masing-masing. Seperti bawang putih kita ujicoba kembangkan di Sinjai Barat,” katanya.

Bantuan ini sejalan dengan Progran unggulan Pemkab Sinjai dalam bidang pertanian khususnya pengembangan komoditi unggulan di setiap wilayah sehingga para petani kesejahteraannya semakin meningkat.

Kamaruddin menambahkan bahwa berbagai bantuan yang akan disalurkan untuk para petani ini tidak lepas dari peran Bupati Andi Seto Asapa (ASA) yang selalu menjalin komunikasi dengan Kementerian terkait.

“Ini merupakan perjuangan pak Bupati yang sebelumnya pernah berkunjung ke Kementerian Pertanian dan bertemu langsung Menteri Syahrul Yasin Limpo. Insya Allah bantuan ini nanti akan sangat bermanfaat untuk peningkatan mutu dan produksi pertanian kita,” jelasnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Tangkal Radikalisme dan Separatisme, Korem 141/Tp Laksanakan Pembinaan Komsos

Daerah

Pelepasan Kafilah, Bupati Kaswadi : Didik Generasi di Daerah, Jangan Pakai Orang Luar Untuk Dapat Prestasi

Daerah

Pemkab Asahan Ikuti Rakor Penegakan Disiplin Prokes dan Penanganan Covid-19 secara virtual

Advertorial

Ratusan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa Terima Santunan dari Pemkab Asahan dan Masjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran

Daerah

Ketua TP-PKK Sinjai Pilih Bersepeda Untuk Jaga Imun

Bone

Demi Salurkan Bantuan, Staf Baznas Bone Terkadang Tak Pikirkan Keselamatannya

Daerah

Pemkab Sinjai Bakal Jejaki Kerjasama dengan BNK Berantas Narkoba

Maros

Pengurus Bunda Baca Maros Dikukuhkan