Home / Daerah

Kamis, 15 April 2021 - 23:37 WIB

Wali Kota Tanjung Balai Survey Ketersediaan Bahan Pangan di Pasar

RAKYATSATU.COM, TANJUNGBALAI – Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial bersama Asisten Ekbangsos Zainul Arifin, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perdagangan Syamsul Rizal, Plt Kepala Satpol PP Indra Adiguna melakukan monitoring dan survey pasar ke Pasar Bahagia, Kota Tanjungbalai.

Hal ini dilakukan dalam rangka ingin memastikan pasokan komoditas pangan dan harga di salah satu pasar yang terletak di pusat Kota Tanjungbalai tetap terjaga selama bulan Ramadan 1442 H.

Dalam survey tersebut, Wali Kota sempat berdialog dengan beberapa pedagang terkait pasokan komoditas pangan yang mereka jual apakah distribusi dan harganya masih aman hingga hari ketiga ramadhan tahun ini.

“Dari monitoring tadi kita memang temukan beberapa komoditas seperti daging sapi, daging ayam, telur dan sejumlah bahan pokok lainnya mengalami kenaikan namun masih dalam kondisi normal, “Rata-rata kenaikan harga komoditas tadi memasuki hari ketiga puasa masih normal, kenaikannya tidak signifikan untuk itu saya meminta Dinas Perdagangan Perindustrian untuk terus memantau hal tersebut,” ungkap Wali Kota usai mengunjungi pasar bahagia, Kamis (15/4/2021).

Wali Kota Tanjung Balai Survey Ketersediaan Bahan Pangan di Pasar

Kegiatan survey pasar seperti ini akan rutin dilakukan setiap hari diseluruh pasar yang ada di Kota Tanjungbalai selama bulan puasa dan jelang lebaran termasuk melakukan pengecekan harga tetap stabil agar tidak meningkat tinggi, guna memastikan stok bahan pangan dan harga tetap aman.

“Kalau nanti terjadi kenaikan yang signifikan dan stok bahan pangan yang kurang kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mengatasinya misalnya menggelar operasi pasar,” lanjutnya.

Sedangkan untuk pengawasan, kita juga sudah ada Satgas Ketahanan Pangan di setiap pasar tradisional di Kota Tanjungbalai yang terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungbalai, Satpol PP dan Kepolisian.

“Setiap hari Satgas Ketahanan Pangan akan memonitoring harga dan ketersediaan bahan pangan,” pungkas Wali Kota H.M Syahrial.

Dari survey harga dan bahan pangan di pasar bahagia seperti cabai merah Rp 48.000/Kg, cabai hijau Rp 24.000/Kg, cabai rawit Rp 40.000, bawang merah brebes Rp 28.000/Kg, bawang putih Rp 24.000/Kg, tomat Rp 8.000/Kg, daging ayam potong kotor Rp 26.000/Kg, daging ayam potong bersih Rp 33.000/Kg, ikan segar gembung Rp 18.000/Kg, telur ayam buras Rp 22.400 (greet B Rp 1.400/butir), daging sapi Rp 120.000/Kg, gula pasir 13.000, minyak goreng 13.500, kacang tanah dan kacang ijo Rp 26.000/Kg.

Share :

Baca Juga

Maros

Keseruan Setahun Kerja Bupati Maros Dihadiri Oleh Vokalis Pasha Ungu.

Daerah

Pelaksanaan Penilaian APE 2021, Pemkab Sinjai Lakukan Rapat Pemantapan

Daerah

Bupati Wajo Dapat Penghargaan BPJS Kesehatan KC Watampone

Daerah

Usai Apel Pagi Personel Makorem 141/Tp Lakukan Ini

Daerah

Sekretariat DPRD Sinjai Gelar Apel Pagi, Begini Harapan Pembina

Daerah

Hari Santri Nasional, Begini Pesan Andi Seto Asapa

Daerah

Danyon C Ikuti Acara Tradisi HUT Korps Brimob Polri Di Mako Gegana

Asahan

Dinilai Banyak Manfaatnya, Bupati Asahan Ajak Masyarakat Gemar Bersepeda