Home / Daerah

Kamis, 15 April 2021 - 13:27 WIB

Pemkab Sinjai Jamin Ketersediaan Daging Sapi Hingga Idul Fitri

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Bulan suci Ramadan 2021 ini, masyarakat diminta tak khawatir terhadap ketersedian daging sapi. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai menjamin ketersediaan kebutuhan tersebut, bahkan ketersediaan tersebut dipastikan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

”Insya Allah stok kebutuhan daging sapi di Kabupaten Sinjai selama bulan puasa hingga lebaran aman,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai, drh Charidjah, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Kamis (15/4/2021).

Dia menjelaskan, ketersediaan sapi potong saat ini sebanyak 21.730 ekor, jumlah ini terdiri dari stok sapi jantan 13.317 ekor dan sapi betina afkir 8.413 ekor. Jika dikonversi dalam satuan berat yaitu berkisar 3 ribu ton daging sapi.

Menurut Charidjah, dimasa pandemi ini kebutuhan konsumsi daging sapi di Kabupaten Sinjai mengalami penurunan, termasuk di awal bulan suci Ramadan ini sehingga persediaan daging melimpah. Harga daging sapi saat ini seharga 120 ribu/kilogram.

“Permintaan daging sapi itu meningkat biasanya pada saat ada pesta pernikahan, hajatan dan termasuk permintaan dari warung makan, tapi di awal bulan puasa ini permintaan menurun dan biasanya mulai meningkat menjelang lebaran,” tandasnya.

Adapun jumlah sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) berkisar 2 – 4 ekor perhari tergantung dari permintaan konsumen, sementara menjelang di Hari Raya Idul Fitri biasanya hingga mencapai hingga 30 ekor sapi yang dipotong per hari.

“Jadi kebutuhan Ramadan maupun Idul lfitri, ketersediaanya sangat cukup, bahkan melebihi, sehingga kita juga distribusikan ke daerah lain. Masyarakat tidak perlu khawatir dan takut sebab stok aman,” tambahnya.

BACA JUGA :  DTPHPKP Sidrap Evaluasi Pengimputan Data Simluhtan, RDKK dan E-Alokasi Pupuk

Share :

Baca Juga

Bone

DPD BAIN-HAM RI Lakukan Audiensi, Kapolres Bone Harapkan Organisasi Bisa Beri Masukan

Sinjai

Bupati Beber Capaian Pembangunan di Sinjai Selatan

Daerah

Masyarakat Desa Silau Lama Sambut Kunjungan Bupati Asahan

Daerah

Kader PKS dan Mahasiswa Pangkep Turun Jalan, Tolak Kenaikan BBM

Daerah

Peringati HKN dan Hari Lahir Maros, DPPKB Maros Laksanakan Jalan Santai 

Daerah

HUT TNI, Bupati Sinjai : Mari Terus Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara

Sinjai

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku di Sulsel Terdeteksi, Pemkab Sinjai Bakal Perketat Pengawasan

Daerah

KKLP STAI AL GAZALI Bulukumba Ucapkan Terima Kasih ke Andi Rio