Ketua TP-PKK Maros Lantuk Pengurs PKK Kecamatan dan Bunda PAUD

Ketua TP-PKK Maros Hj Ulfiah Nur Yusuf Chaidir saat lantik pengurus Kecamatan dan Kelurahan

RAKYATSATU.COM, MAROS – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP-PKK Kabupaten Maros, Hj Ulfiah Nur Yusuf Chaidir melantik Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan sekaligus mengukuhkan Bunda Paud 2021 Kecamatan dan Kelurahan se-Kabupaten Maros.

Pelantikan disaksikan Bupati Maros, Chaidir Syam bersama para Camat dan Ketua TP-PKK kecamatan serta kelurahan yang dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati Maros pada Senin pagi 13 September 2021.

Dalam sambutan Bupati Maros, Chaidir Syam sekaligus membuka acara tersebut mengucapkan selamat kepada Ketua TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan yang baru saja dilantik.

Penyematan syal pelantikan pengurus TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan

Menurut Chaidir, Tentunya dengan adanya proses mutasi atau pelantikan juga ada promosisi posisi camat beberapa waktu lalu, sehingga konsekuensi ini akan membawa peran kepada istri camat baik sebagai ketua TP-PKK, Bunda Literasi maupun Bunda Paud di Kecamatan segera menyesuaikan diri dengan situasi dan juga posisinya yang baru.

Selain itu Bupati Maros berharap, seluruh anggota yang baru saja dilantik dapat terus mengembangkan inovasi untuk bunda paud, serta menumbuhkan budaya literasi atau minat baca yang lebih masif lagi. Kemudian menurut Chaidir, Terus meningkatkan edukasi tentang bahaya Covid-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Maros, Hj. Ulfiah Nur Yusuf mengatakan, Untuk seluruh pengurus PKK di Kecamatan dan Kelurahan semoga dapat mengemban amanah yang telah dipercayakan untuk memajukan gerakan PKK di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, Tim penggerak PKK perlu mengetahui dan memahami kebijakan, program dan kegiatan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui perangkat daerah di masing-masing kecamatan serta untuk mengefektifkan pelaksanaan 10 program pokok PKK sampai ke Dasa Wisma.

Foto bersama Ketua TP-PKK Maros dan Bupati Maros serta pengurus PKK Kecamatan dan Keluraha

Ia berharap, Sebagai Bunda Paud dan literasi mampu menggiring masyarakat untuk lebih meningkatkan minat baca yang besar dengan menganjurkan agar membaca di perpustakaan, baik didesa maupun di Kecamatan dengan menyediakan tempat baca di tempat umum dan pojok baca di setiap Desa atau kelurahan.

Selain itu juga menurut istri Bupati Maros ini, Saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat merugikan baik dari sisi kesehatan maupun perekonomian. Khususnya stunting di beberapa kecamatan, yang menurunnya etika dan moral anak-anak, yang dimana terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Maka untuk itu PKK melalui para kader ditingkat Dasa Wisma harus bisa melaksanakan penyuluhan, penggerak dan fasilitator dalam menyadarkan masyarakat terkhusus kalangan remaja pemuda dan pemudi di kabupaten maros.